PENGEMBANGAN SENSOR PENCEGAH TERORIS PADA MODEL BANGUNAN 3D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

alhara yuwanda, Ribut Nawang Sari, Prasetyo Prasetyo, Dwi Priyokusumo

Abstract


Penjelasan materi ajar yang tidak bervariasi dapat menjadi penyebab tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Model anatomi bangunan 3D adalah salah satu media pembelajaran yang mampu meningkat pemahaman tentang ilmu elektonika.  Penelitian dilakukan dengan metode research and development (RnD). Perancangan desain yang dilakukan penyesesuaian pembelajaran konstruksi bangunan dengan perancangan model anatomi 3D yang relevan dengan sensor pengaman. Uji hasil sensor keamanan pada prototype mencatat nilai posisi, kelembapan, temperature, heat index, logam detector berfungsi dengan baik 100%. Selanjutnya dilakukan uji coba prototype sebagai media pembelajaran dan diuji dengan instrument dengan kuisioner. Berdasarkan uji terhadap 10 responden instrumen ini sudah valid dan realibel. Data penelitian  menunjukan bahwa, sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan media Sensor keamanan objek, nilai rata-rata peserta didik adalah 52,62. Pembelajaran menggunakan media berupa Sensor keamanan objek dapat meningkatkan prestasi peserta didik sebesar 82,514%. Prototipe aplikasi ini diharapkan mampu memberikan meningkatkan kepemahaman terhadap siswa tentang sensor elektronika.


Keywords


Sensor, prototype, media pembelajaran

rticle

References


Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Andrianto, Heri. 2011, Menggambar TeknikRangkaian PCB, Modula, Bandung.

Azyumardi, Azra. 2012 Islam Politk Radikal di Indonesia : Akar Ideologi Terorisme, Makalah disampaikan pada Diskusi Kajian tentang Terorisme di Ditjenstrahan Kemhan tangal 16 Januari 2012. 14-15.

Bibby,J dan Necessary, R., 2008, Hands, http://robonaut.jsc.nasa.gov/R1/sub/hands.asp, diakses pada 20 Mei 2016.

Erickson, Robert W. (1999). Fundamentals of Power Electronics.Colorao: University of Colorado.

Fadillah, Fitra. (2014). Perancangan dan Realisasi Konverter DC-DC Tipe Boost Berbasis Mikrokontroller ATMEGA8535. Bandung: Institut teknologi nasional.

Hobri. 2009. Metodologi Penelitian dan Pengembangan (Dvelopmental Research) (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: FKIP Universitas Jember.

Irhamna dan Widyo N. 2009. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Mata Kuliah Komputerisasi Akuntansi. Universitas Gunadarma.

Marian K. Kazimierczuk. (2008). Pulse-widht Modulated DC-DC Converter. Ohio,USA: Wright State University Dayton.

Muis, Saludin 2013, Prinsip Kerja LCD dan Pembuatannya (Liquid Crystal Display), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Nasir, Abas. 2012. Kajian tentang Terorisme, Makalah disampaikan pada Diskusi Kajian tantang Terorisme di Ditjenstarahan Kemhan tangal 16 Januari 2012. 1.

Petruzella, Frank D., 2001.Elektronik Industri, Yogyakarta : ANDI.

Proakis, J.G, Manolakis,D.G, 1997, “Pemrosesan Sinyal Digital Jilid I", Jakarta : PT. Prenhallindo.

Rashid, Muhammad H. (1993).Power Electronics Circuit Device and Applications. Fort Wayne Indiana: Purdue University.

Sarwiko, Dwi. 2006. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Multimedia Director Mx. Jakarta: Universitas Gunadharma.

Setiawan, Iwan . 2009. Buku Ajar Sensor dan Transduser. In: Sensor dan Transduser. Faculty of Engineering, Diponegoro University, http://eprints.undip.ac.id/). diakses pada 20 Mei 2016.

Sutopo. 2012. Teknologi dan Informasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Veronica, M dan Utari., D. W. 2014, Rancang Bangun Jari Tangan Robot Pengikut Pergerakan Jari Tangan Manusia, skripsi, STMIK GI MDP.

Williams, B.W. (1992). Power Electronics (Devices, Driver, Applications and Passive Components). Edinburgh: Department of Electrical and Electronic Engineering Heriot-Watt University.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.25660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 alhara yuwanda, Ribut Nawang Sari, Prasetyo Prasetyo, Dwi Priyokusumo

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.