EKSPERIMENTASI DISCOVERY LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING KOMBINASI COLLEGE BALL DITINJAU DARI MINAT PADA MATERI KONTROL PERCABANGAN KELAS X SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya (1) perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan model Project Based Learning yang dikombinasikan teknik College Ball terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi Kontrol Percabangan; (2) perbedaan pengaruh minat peserta didik terhadap prestasi belajar Kontrol Percabangan; dan (3) interaksi pengaruh antara penerapan model pembelajaran dengan minat terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi Kontrol Percabangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MM di SMK Negeri 6 Surakarta. Sampel dalam penelitian ini sudah mencakup keseluruhan populasi yaitu kelas X MM 1 dan X MM 2. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen Semu Postest Only Control Group Design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pengambilan angket untuk data minat dan teknik tes untuk data prestasi belajar peserta didik. Analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengan model faktorial, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan rumus Scheffe dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model Discovery Learning dan model Project Based Learning kombinasi teknik College Ball terhadap prestasi belajar siswa, walaupun tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan rata -rata nilai prestasi belajar peserta didik dengan model Project Based Learning kombinasi teknik College Ball memiliki nilai rata-rata yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan model Discovery Learning. Kedua, ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara minat belajar peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik, dimana minat tinggi memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada minat rendah. Untuk minat belajar peserta didik kategori tinggi dan sedang memberikan pengaruh yang sama terhadap prestasi belajar, hal yang sama juga terjadi pada minat sedang dan rendah. Ketiga, tidak ada interaksi pengaruh antara penerapan model pembelajaran dengan minat peserta didik bersama -sama terhadap prestasi belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Davies, G. (1991). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian I Pengantar. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.
DeVaus, D. (2002). Developing Indicators for Concepts. Surveys in Social Reserach. 5th Edition. London, Routledge.
Dwiyantari, R. (2013). Implementasi Model Pembelajaran College Ball Untuk Meningkatakan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan & Ekonomi, Volume 2, Nomor 1, Tahun 2013. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ernawati, L. (2010). Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Numbered Head Together (NHT) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IS 3 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Dipublikasikan.
Joyce, B. & Weil, M. 2000. Models of Teaching. Amerika: A.Pearson Education Company.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2000).
Models of Teaching. New York: Allyn and Bacon a Pearson Education Company.
Mustika, J. (2015). Eksperimentasi Model Project Based Learning(PjBL) dan Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) pada Materi
Pokok Bangun Ruang Ditinjau dari Kecerdasan Emosianal Siswa Kelas VIII SMP Negeri se-Kota Metro Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Dipublikasikan.
Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Wicaksana, H. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learnng (Pbl) dan Discovery Learning (Gl) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa. Skripsi Dipublikasikan.
Wiek, Arnim.,dkk. (2015). Integrating Problem and Project Based learning in to sustainability program A case study on the school of sustainability at Arizona State University International Journal of Sustainability In Higher Education, Vol.15 Iss 4 pp., 473-493
DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i1.24278
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Dian Mustikaningrum, Dwi Maryono, Rosihan Ari Yuana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.