PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL BOX UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI KELAS X MULTIMEDIA SMK N 6 SURAKARTA

Rini Umbarwati, Basori Basori, Taufiq Lilo Adi Sucipto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Group Investigation dan media pembelajaran Virtual Box dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem operasi kelas X Multimedia (MM) SMK N 6 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus, disetiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi kegiatan belajar mengajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MM1 SMK N 6 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan analisis data dilaksanakan dengan cara analisis komparatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dari bulan Desember 2015 sampai bulan Juni 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dan media pembelajaran Virtual Box dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem operasi. Hal ini dapat dibuktikan pada kegiatan observasi prasiklus, presentase keaktifan siswa sebesar 52,87%, setelah penerapan model pembelajaran Group Investigation dan media pembelajaran Virtual Box pada siklus I meningkat 77,87%, kemudian di siklus II meningkat sampai 86,72%. Sedangkan hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan dari nilai tes setiap siklus. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar untuk ranah kognitif sebesar 62,5%, afektif  65,27%, dan psikomotor 73,44%. Rata-rata hasil belajar meningkat pada ranah kognitif menjadi 73,38%, afektif 71,06%, dan psikomotor 75% setelah penerapan model pembelajaran Group Investigation dan media pembelajaran Virtual Box pada siklus I. Pada siklus II meningkat untuk ranah kognitif menjadi 87,5%, afektif 82,52%, dan psikomotor 80,47%. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dan media pembelajaran Virtual Box dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem operasi kelas X MM SMK N 6

Surakarta.

 


 

 


Keywords


keaktifan belajar, hasil belajar, Group Investigation, Virtual Box, sistem operasi.

rticle

References


Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta:

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Istikomah, H., Hendratto, S., Bambang, S. (2010). enggunaan Model Pembelajaran Group Investigation untuk

Menumbuhkan Sikap Ilmiah

Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 40.

Mansur. (2013). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah (Classroom

Action Research). Jakarta : Bumi Aksara.

Sharan, Y. &Sharan, S. 1989. Group Investigation Expands Cooperative Learning. Assosiation for Supervision and Curriculum Development, hlm. 17.

Wakhid. (2011). Menginstall OS Dengan Virtual Box (DasardasarMenggunakan Virtual Box). Diperoleh 31 Desember 2015, dari http://system32.web.id

Yunita, Nurhayati, N.D., &Mulyani, S. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas Xi Semester Genap SMA Negeri Kebakkramat TahunPelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 4 (4), 117-122.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i1.24268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rini Umbarwati, Basori Basori, Taufiq Lilo Adi Sucipto

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.