Pengembangan Peraga Pembelajaran Sistem Pengisian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan

Bimo Handoko, Hadromi Hadromi, Angga Septiyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi dan peningkatan hasil belajar menggunakan peraga sistem pengisian. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) model ADDIE jenis quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Hasil uji kelayakan oleh ahli media memperoleh persentase sebesar 85,94% sedangkan ahli materi sebesar 89,22%, keduanya memperoleh kriteria sangat layak. Peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 14,10% untuk kelas kontrol dan sebesar 25,93%. untuk kelas eksperimen. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar -0,69 untuk pretest sedangkan hasil thitung untuk posttest sebesar 3,21. Hasil perhitungan uji n-gain memperoleh rata-rata ngain sebesar 0,23 untuk kelas kontrol dengan kriteria peningkatan rendah dan 0,41 untuk kelas eksperimen dengan kriteria peningkatan sedang. Sumbangan relatif sebesar 41,70%. sedangkan sumbangan efektif 67,60%.

Keywords


Kata kunci: hasil belajar, pengembangan peraga, sistem pengisian.



DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i1.22260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bimo Handoko, Hadromi Hadromi, Angga Septiyanto

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.