PENGEMBANGAN ALAT PERAGA WIRELESS TURN SIGNAL SYSTEM PADA MATA KULIAH PRAKTIK KELISTRIKAN BODI TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Sigit Bayu Aji, Dwi Widjanarko, Wahyudi Wahyudi

Abstract


Media pembelajaran merupakan alat bantu untuk mempermudah proses pembelajaran, salah satunya berupa peraga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan alat peraga wireless turn signal system. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan metode ADDIE. Dalam uji coba yang dilakukan, penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek uji coba penelitian sejumlah 30 mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2015. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu instrumen tes dan angket. Alat peraga terbukti layak dilihat dari nilai hasil validasi ahli media sebesar 93 dengan presentase kelayakan 83,04%, dan dari ahli materi sebesar 185 dengan persentase kelayakan 88,95%. Pengujian hasil belajar mahasiswa terbukti efektif dilihat dari hasil pretest dengan nilai rata-rata 49,63 dan nilai hasil posttest sebesar 80,89 Penghitungan signifikansi peningkatan hasil belajar juga dilakukan dengan menggunkan uji t memperoleh hasil thitung = 3,19 dan ttabel = 2,01 pada db = 19 dengan  = 5% sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga Wireless Turn Signal System. Hasil dari penelitian didapatkan peraga Wireless Turn Signal System layak dan efektif dalam pelaksanaan pembelajaran mata kuliah kelistrikan bodi.

 


Keywords


Pengembangan, peraga, Wireless Turn Signal

rticle

References


Arkun, S. dan B. Akkoyunlu. 2008. A Study on the Development Process of a Multimedia Learning Environment According to the ADDIE Model and Student’s Opinions of the Multimedia Learning Environment. An on-line journal published at the University of Barcelona. (1 – 19), Online melalui (http://www.ub.edu/multimedia/iem) diakses 30 Maret 2016. 20.45

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo Persada

Barokati, N. dan Annas, F. 2013. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: UNISDA Lamongan). Jurnal Sistem Informasi. 4 (5): 352 – 359.

Buntarto. 2015. Sistem Kelistrikan Pada Mobil. Yogyakarta : Pustaka Baru Press Cheung, L. 2016. Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest

Radiograph Interpretation. Journal of Biodemical Education. 10 (1155): 1-6

Febriayono, O. dan Widjanarko, D. 2014. Pengembangan Alat Peraga Berbasis LED Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Pengetahuan Pemeriksaan dan Troubeleshooting Motor Starter Tipe Planetary. Automotive Science and Education Jurnal ASEJ 2 (2), 2013. Jurnal Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Hadinata, S. dan M. B. R. Wijaya, 2011. Peningkatan Kompetensi Mendiagnosis Sistem Kelistrikan Bodi Sepeda Motor Menggunakan Media Peraga. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 11 (1): 1-3

Hariwung A.J. 1989. Supervisi Pendidikan. Dependikbud Ditjend Pendidikan Tinggi Proyek PLPTK:Jakarta.

Permono, N, Samsudi dan Karsono. 2013. Keefektifan Pembelajaran Shock Absorber Dengan Penerapan Media Nimasi Dua Dimensi. Automotive Science and Education Jurnal ASEJ 2 (2), 2013. Jurnal Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Raharema, N. R. A., dan N Salsabila. 2016. Portable Wireless Sign Lamp For Bicycle Helmet. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. STMIK AMIKOM Yogyakarta. 2 (7) 2302-3805

Samsudduha, Masugino, dan Supraptono. 2013 Penggunaan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Memelihara/Servis Sistem AC. Automotive Science and Education Jurnal ASEJ 2 (2), 2013. Jurnal Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Setiawan, E. Widjanarko, D., dan Budiyono, A. 2009. Pengembangan Panel Peraga Multifungsi Sistem Lampu Kepala sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Sistem Penerangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9 (1): 22-29.

Suh, H. 2011. Collaborative Learning Models and Support Technologies in the Future Classroom. Journal for Educational Media and Technology. 5 (1): 50-61

Widiyatmoko, A., dan S. D. Pamelasari. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (1): 51-56.

Widjanarko, D. Abdurrahman., dan Wahyudi 2010. Penerapan Panel Peraga Multi Fungsi Sistem Kelistrikan Bodi Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Bidang Kelistrikan Bodi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 10 (1) : 10.

Widjanarko, D. Sofyan, H. dan Surjono, H,D. 2014. Kebutuhan Media Pembelajaran Kelistrikan Otomotif di Lembaga Pendidikan Pencetak Calon Guru Teknik Otomotif . Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 14(1): 18-23




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i2.21964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sigit Bayu Aji, Dwi Widjanarko, Wahyudi Wahyudi

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.