PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA KOMPETENSI MERAWAT SISTEM REM SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Putri Pertiwi

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul elektronik berbasis problem based learning pada kompetensi merawat sistem rem sepeda motor, mengetahui kelayakannya, peningkatan hasil belajar, dan tanggapan siswa terhadap modul elektronik yang dikembangkan. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model Penelitian dan pengembangan. Hasil penilaian ahli media sebesar 95% dan ahli materi 88%, keduanya termasuk dalam kategori sangat layak. Peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 11,66 untuk kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol sebesar 5,23. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung  untuk posttest sebesar 2,40 yang berarti adanya perbedaan hasil antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil perhitungan n-gain peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,39 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Analisis tanggapan siswa memperoleh hasil persentase sebesar 79% yang termasuk dalam kategori sangat baik.

Kata kunci: modul elektronik, problem based learning, sistem rem sepeda motor.


Keywords


modul elektronik, problem based learning, sistem rem sepeda motor.

rticle

References


Amir, M.T. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Edisi Pertama. Cetakan pertama. Jakarta: Prenada Media Group.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian. Cetakan ke-15. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Demir, B. P. dan Kutlu, Ö. 2016. Elektronik Portfolyo Uygulamalarının Ortaokul 6. Sınıf Öğrencilerinin Araştırma Becerilerine Etkisi. EĞİTİM VE BİLİM 41:188.

Ghaliyah, S., F. Bakri, dan Siswoyo. 2015. Pengembangan modul elektronik berbasis model learning cycle 7e pada pokok bahasan fluida dinamik untuk siswa SMA kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal). Universitas Negeri Jakarta. DKI Jakarta. 150.

Muga, W., B. Suryono, dan E. L. Januarisca. 2017. Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis model Problem Based Learning dengan menggunakan model dick and carey. Journal of education technology 1(4):261.

Royani, H. M. dan M. Saufi. 2016. Problem Based Learning: solusi pembelajaran matematika yang pasif. Jurnal pendidikan matematika 2(2):127.

Rusmono. 2014. Strategi pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu. Cetakan kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suarsana, I.M. dan G.A. Mahayukti. 2013. Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 (2): 274.

Sudarma, I. G., I. K. R. Arthana, dan I. G. P. Sindu. 2017. Pengembangan e-modul dengan model Problem Based Learning mata pelajaran pemrograman dasar kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Singaraja. Kumpulan artikel mahasiswa pendidikan teknik informatika 6(1).

Sugianto, D., A. G. Abdullah, S. Elvyanti, dan Y. Muladi. 2013. Modul virtual: multimedia flipbook dasar teknik digital. INVOTEC IX(2). 102-103.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke-10. Bandung:Alfabeta,cv.

Surrah, H., A. dan I., N., Mohamed. 2015. The effect of learning through multimedia devices- Review. Asian Journal of Technology and Management Research 5(1).

Wirawan, I. K. Y. A. P., I. K. Sudarma, dan L. P. P. Mahadewi. 2017. Pengembangan e-modul berbasis Problem Based Learning untuk mata pelajaran IPA siswa kelas VII semester ganjil. E-journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan 8(2).




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v11i2.21878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Putri Pertiwi

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.