HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN PENGALAMAN BELAJAR YANG BERMAKNA DENGAN KEMAMPUAN ADAPTASI TERHADAP DUNIA KERJA PADA SISWA TKJ SMKN KOTA MALANG

Sunarsih Sunarsih, Setiadi Cahyono Putro, Yuni Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara self esteem dan pengalaman belajar yang bermakna dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja pada siswa Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMKN Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan korelasional. Populasi penelitian ini meliputi siswa kelas XI TKJ yang telah melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang berjumlah 317 siswa. Sampel penelitian sebanyak 167 siswa yang ditentukan dengan berpedoman pada nomogram Harry-King dengan taraf kesalahan 5%. Penentuan anggota sampel secara random dan proporsional dari tiap sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self esteem dan pengalaman belajar yang bermakna dengan kemampuan adaptasi siswa SMK terhadap dunia kerja. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 44,999 > 3,05 dan nilai phitung ≤ pstandar yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak, artinya terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan antara self esteem dan pengalaman belajar yang bermakna dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja pada siswa Kompetensi Keahlian TKJ SMKN Kota Malang.


Keywords


hubungan, self esteem, pengalaman belajar yang bermakna, kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja

Full Text:

PDF
rticle

References


Al-Tabany, T.I.B. (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik.

Jakarta: Kencana.

Aryati, P.D., Hardjajani, T., dan Nugroho, A.A. (2013). Hubungan antara Self Esteem dan Impression Management dengan Online Deception pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa Vol. 1, No. 4.

Badan Pusat Statistik. (2017). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 1986-2017. Diakses pada 2 November 2017, Dari https://www.bps.go.id/statictable/2009/04/16/972/pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan-1986---2017.html

Depdiknas. (2003). Undang – Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Depdiknas.

Desiningrum, D.R. (2012). Hubungan Self esteem dengan Penyesuaian Diri terhadap Masa Pensiun pada Pensiunan Perwira Menengah TNI AD. Psikologia-online Vol. 7, No. 1.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Inavatin, D. (2012). Pengembangan Inventori Kesiapan pada Siswa SMK Jurusan Agribisnis Ternak Unggas di SMKN 2 Purbalingga. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mutammimah. (2014). Hubungan Konsep Diri dan Kecerdasan Emosi dengan Kemampuan Penyesuaian Diri pada Remaja. Jurnal Psikologi Indonesia Vol. 3, No. 1.

Putro, S.C. (2016). Pengetahuan Pedagogik dan Keteknikan sebagai Prediktor Kemampuan Adaptasi Calon Guru pada Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro FT UM. Jurnal Teknologi dan Kejuruan Vol. 39, No. 1.

Ratnata, I.W. (2007). Konsep Pemikiran dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi untuk Menghadapi Tuntutan Dunia Kerja. Seminar Internasional.

Sandha, T., Hartati, S., dan Fauziah, N. (2012). Hubungan antara Self Esteem dengan penyesuaian diri pada siswa tahun pertama SMA Krista Mitra Semarang. Jurnal Psikologi Vol. 1, No. 1.

Sundari, S. (2005). Kesehatan Mental dalam Kehidupan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wardani, D. 2011. Kontribusi Ketrampilan Sosial dalam Pembelajaran IPS terhadap Kesiapan Kinerja Praktek Kerja Industri. Jurnal Penelitian Pendidikan Edisi Khusus Vol. 2.

Wibowo, N. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 23, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i2.20774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sunarsih Sunarsih, Setiadi Cahyono Putro, Yuni Rahmawati

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.