PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM ORGANISASI DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

KHARSIMA FEBRY ANDIKA

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret Surakarta. (2) Pengaruh prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.(3) Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja mahasiswa mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah keaktifan mahasiswa dalam organisasi ), prestasi belajar (), dan kesiapan kerja (Y). Populasi ada 166 mahasiswa PTIK angkatan 2014 2015 dan 2016. Teknik sampling adalah simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak 114 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan mahasiswa dalam organisasi terhadap kesiapan kerja. ( = 0.779 >  = 0.1824 ; p value = 0.00 < 0.05). Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara prestasi belajar terhadap kesiapan kerja. ( = 0.124 <  = 0.1824 ; p value = 0.188 > 0.05). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja. ( = 89.243 >  = 3.08)

 

Kata kunci: Keaktifan, Prestasi Belajar, Kesiapan Kerja

Keywords

Keaktifan, Prestasi Belajar, Kesiapan Kerja

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.