PEMBELAJARAN ENERGI TERBARUKAN UNTUK SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI KABUPATAN KLATEN

Bawono Widyo Gumelar, Indah Widiastuti, Danar Susilo Wijayanto

Abstract


Penggunaan sistem energi berbasis sumber daya terbarukan (renewable energy) merupakan upaya mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi berbahan baku fosil. Pembelajaran energi terbarukan sejak dini diharapkan memberikan wawasan dalam pemanfaatan potensi sumber daya alam Indonesia yang lebih intensif sebagai sumber energi alternatif masa depan. Penelitian ini ditujukan untuk melakukan analisis proses pembelajaran energi terbarukan di sekolah dasar dengan mengambil studi kasus di dua sekolah di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dalam penelitian ini, dikembangkan media pembelajaran berupa instalasi sistem tenaga surya, prototype turbin angin dan media animasi interaktif. Proses pembelajaran diarahkan dengan serangkaian kegiatan yang menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar (student centered learning). Evaluasi proses pembelajaran dilakukan dengan observasi dan analisis perbandingan hasil pre-test dan post-test siswa kelas 5 dan 6 SD yang menjadi objek penelitian. Dari hasil evaluasi diketahui adanya peningkatan pengetahuan siswa mengenai konsep energi terbarukan. Penelitian ini juga menunjukkan adanya ketertarikan dan antusiasme siswa dalam pembelajaran energi terbarukan. Proses pembelajaran energi terbarukan dengan kegiatan belajar aktif dapat digunakan tidak hanya untuk mendukung pembelajaran sains atau IPA di sekolah namun juga membentuk cara pandang baru dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber energi di Indonesia.


Keywords


Energi terbarukan, media pembelajaran,pembelajaran interaktif, student centered learning



DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v11i1.18504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bawono Widyo Gumelar, Indah Widiastuti, Danar Susilo Wijayanto

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.