PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADU PADAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN EFEKTIFITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AUTOCAD KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN ANGKATAN 2015/2016

Listiyani Desy Ratnasari, Anis Rahmawati, Roemintoyo Roemintoyo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh peningkatan hasil belajar dan efektifitas belajar siswa dalam mata pelajaran AutoCad setelah dilakukan penerapan pembelajaran kooperatif padu padan antara tipe Student TeamsAchievment Divisions (STAD), Make a Match, dan Numbered Heads Together (NHT) pada Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Surakarta tahun angkatan 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian disimpulkan bahwa, (1) penggunaan model pembelajaran padu padan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, persentase ketuntasan pra tindakan 54,84%, pada siklus I 61,54%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,48%, (3) Ranah afektif pada pra tindakan, siswa yang mendapat predikat baik (B) sebanyak 64,5% pada siklus I meningkat menjadi 84,61%, pada siklus II mengalami peningkatan 92,59% berpredikat baik (B), (4) Ranah Psikomotorik juga mengalami peningkatan yaitu pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa sebesar 54,84% pada siklus I sebesar 69,23% dan pada siklus II menjadi 96,30%. (2) penggunaan model pembelajaran kooperatif padu padan dapat meningkatkan efektifitas belajar yang awalnya pada pra tindakan siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran, perlahan siswa memperhatikan guru dalam menjelaskan materi, siswa lebih berani bertanya dan mengemukakan pendapatnya dalam pembelajaran dan diskusi kelompok.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Padu Padan

Full Text:

PDF
rticle

References


Ardiyawati, Dewi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Teknik Bangunan SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2014 – 2015. Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: P.T. Rineka Cipta.

Asmani. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Bina Aksara

Asrori, Muhammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima

Ermayanti, Dewi. 2014. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dengan Bantuan Media Komponen Bangunan pada Mata Pelajaran RAB dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TGB B SMK Negeri 2 Sukoharjo. Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Harjati. 2008. Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Huda, Miftahul. 2015 Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Isjoni. 2011. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: ALFABETA

Lukas, Aditia. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Blended dengan Student Facilitator and Explining untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Bahan Bangunan Gedung Kelas X TGB SMK Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Moleong J. Lexy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Putri, Silviana. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Padu Padan untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahan Bangunan Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK X Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Prenadamedia Group

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan : Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Slavin. 2005. Cooperative Learning: theory, research and practice (N. Yusron. Terjemahan). London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005.

Taniredja. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i2.16924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Listiyani Desy Ratnasari, Anis Rahmawati, Roemintoyo Roemintoyo

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.