EVALUASI PELAKSANAAN MICRO TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
Rohmat Cahyono, Muhammad Akhyar, Herman Saputro
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan micro teaching.Penelitian ini dilakukan di program studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan teknik mesin dan dosen pembimbing micro teaching pelaksanaan tahun 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar kepada seluruh responden, wawancara dengan sebagian responden, dan dokumentasi nilai akhir mata kuliah micro teaching. Validitas menggunakan fact finding yaitu validitas logika. Menggunakan fact finding maka uji reliabilitas tidak perlu dilakukan. Analisa skor menggunakan rata-rata yang akan dinilai berdasar kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pelaksanaan micro teaching sudah baik, tetapi perlu ada perbaikan lagi pada beberapa indikator
Kata kunci: Evaluasi Program, Micro Teaching, CIPP
Arikunto, S. & Jabar, C.S.A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asril, Z. (2012). Micro Teaching Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Destianingtyas. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) pada Siswa Kelas XI di SMK Texmaco Pemalang. Diperoleh 20 Januari 2017 dari: http://lib.unnes.ac.id/17137/1/1102408032.pdf.
Karwono & Mularsih, H. (2012). Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar (edisi revisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Widoyoko, S.E.P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.