EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 6 SURAKARTA PADA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Kansha Isfaraini Huurun’ien, Agus Efendi, A. G. Tamrin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen yang diberikan treatment penggunaan e-learning berbasis schoology dengan menggunakan model discovery learning; (2) efektivitas penggunaan e-learning berbasis schoology dengan menggunakan model discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X multimedia SMK Negeri 6 Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan random sampling. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran sebelum dan sesudah diberikan treatmen penggunaan e-learning berbasis schoology dengan menggunakan model discovery learning. Metode dokumentasi untuk mengetahui daftar nama, jumlah siswa, nilai harian serta bukti penelitian dengan menggunakan pengambilan gambar. Metode tes untuk mengetahui hasil pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan uji non parametrik menggunakan mann whitney test dan wilcoxon sign rank test. Berdasarkan hasil penelitian, pertama terdapat perbedaan nilai posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan treatment berupa penggunaan e-learning berbasis schoology menggunakan model discovery learning, nilai sig lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 yaitu 0,000  0,05. Kedua penggunaan e-learning berbasis schoology menggunakan model discovery learning lebih efektif, dengan peningkatan nilai gain sebesar 0,94. Sedangkan pembelajaran konvensional memberikan peningkatan nilai gain sebesar 0,74.

Kata Kunci : Efektivitas, E-learning, Schoology, Model discovery learning, Prestasi belajar siswa


Full Text:

PDF
rticle

References


Abdurahmat. (2003). Efektivitas Organisasi, edisi Pertama. Jakarta: Erlangga.

Hanafiah & Suhana, C. (2012). Konsep Startegi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hartley, D. E. (2001). Selling E-Learning. American Society For Training And Development.

Indrayasa, K, B., Agung, A, A, G., & Mahadewi, L, P, P. (2015). Pengembangan E-Learning Dengan Schoology Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas X Semester I tahun Pelajaran 2014/2015 Di SMA N 4 Singaraja. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1).

Juniarti, R.D. (2014). Pengembangan Media Mobile Learning Dengan Aplikasi Schoology Pada Pembelajaran Geografi Materi Hidrosfer Kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Mishadin. (2012). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Mata pelajaran Elektronika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMK 1 Sedayu Bantul. Skripsi Tidak Dipubikasikan. Universita Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Prawiradilaga, D.S., Ariani, D., & Handoko, H. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning. Jakarta: Prenamedia Group.

Rahmalia, Y. (2014). Efektivitas Model Discovery Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Kompetensi Dasar Analisis Rangkaian Kemagnetan Di SMK 1 Pundong. Skripsi Tidak Dipublikasi. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Ramdhani, M. (2012). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 kalasan. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Sudjana, N. (1991). Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i2.16866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Kansha Isfaraini Huurun’ien, Agus Efendi, A. G. Tamrin

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.