PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN SMK PANCASILA SURAKARTA

Sabiq Farhan, Ranto Ranto, Basori Basori

Abstract


Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk menemukan ada dan tidaknya perbedaaan pengaruh antara penerapan pendidikan karakter melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan konvensional terhadap hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan (PMKR). 2) Untuk menemukan hasil belajar dengan penerapan pendidikan karakter melalui model Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dari konvensional konvensional pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Populasi penelitian adalah kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI-TKR 1 (23 siswa) dan XI-TKR 3 (22 siswa) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pancasila Surakarta. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode dokumentasi, observasi dan tes. Validitas instrumen penelitian yang dilakukan meliputi: uji validitas butir soal, reliabiitas soal, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas menggunakan SPSS versi 21 Lilliefors (Shapiro-Wilk), uji homogenitas menggunakan SPSS versi 21 Levene-Statistic dan uji keseimbangan menggunakan SPSS versi 21 Independent Sample T Test. Uji hipotesis dengan mengunakan SPSS versi 21 Independent Sample T Test. Hasil penelitian ini yaitu: 1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan pendidikan karakter melalui model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan konvensional terhadap hasil belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. 2) Hasil belajar dengan penerapan pendidikan karakter melalui model Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dari konvensional.

Kata kunci: Penerapan Pendidikan Karakter, Student Teams Achievement Division (STAD), konvesional, dan Hasil belajar

Full Text:

PDF
rticle

References


Agboola, Alex & Chen, K.T. (2012). Bring Character Education into Classroom. European Jounal of Education Research, 1(2): 163-170.

Alfian, O.L. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Kompetensi Kejuruhan kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Melalui Model Kooperatif tipe Jigsaw Di SMK Murni 1 Surakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Hasanah, Fatmawati Nur. 2012. Penerapan Pendidikan Karakter pada Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Surakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan, FKIP Universitas Sebelas Maret.

. (2016). Pedoman Penulisan Skripsi FKIP UNS. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogjakarta: Pustaka pelajar.

Sanjaya,W. (2007). Strategi pembelajaran berorientasi standart proses pedidikan .Jakarta: Prenada Media Group.

Sari, D.P.E.A. (2013). Implementasian pendidikan karakter melalui metode pembelajaran kooperatif (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar mencatat transaksi ke dalam jurnal umum perusahaan jasa kelas XI IPS di SMAN 1 Rembang. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Slavin, R.E. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

________. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Van, M.W. (2012). The Effects of the STAD-Cooperative Learning Method on Student Achievement, Attitude and Motivation in Economics Education. The social Science Jounal, 33(2): 261-270.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i2.16862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sabiq Farhan, Ranto Ranto, Basori Basori

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.