PENGEMBANGAN STANDAR PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI WILAYAH SURAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan prakerin pada program keahlian Teknik Pemesinan di SMK wilayah Surakarta. 2) Mengembangkan Standar Pelaksanaan Prakerin pada program keahlian Teknik Pemesinan di SMK wilayah Surakarta.Penelitian ini merupakan penelitian komparatif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah SMK dengan program keahlian Teknik Pemesinan di Surakarta. Sampel yang terpilih adalah SMK N 5 Surakarta, SMK Pancasila Surakarta, dan SMK PGRI 1 Surakarta dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini dimulai dari pengumpulan data, analisis data dan pengambilan Kesimpulan. Jenis data yang dugunakan yaitu data kualitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis dokumen.Berdasarkan hasil penelitian, alur pelaksanaan prakerin yang dapat diusulkan adalah sebagai berikut 1) Tahap Sinkronisasi Industri, 2) Tahap Evaluasi Kelayakan Industri, 3) Tahap penetapan Industri Sementara, 4) Tahap Sosialisasi Prakerin, 5) Tahap Pemilihan DU/DI oleh Peserta Prakerin, 6) Tahap Final Penetapan Industri, 7) Tahap Pembuatan Kerjasama dengan DU/DI, 8) Tahap Pembekalan Prakerin, 9) Tahap Pelaksanaan Prakerin, 10) Tahap Pembimbingan Peserta Prakerin, 11) Tahap Penanganan Siswa Bermasalah, 12) Tahap Penarikan Prakerin, 13) Tahap Penilaian dan Sertifikasi Peserta Prakerin, dan 14) Tahap Pengumpulan dan Pemberkasan Rekaman Prakerin.
Kata Kunci: Sekolah Menengah Kejuruan, Prakerin, SOPFull Text:
PDFReferences
Bukit, Musriam. (2014). Strategi dan Inovasi Kejuruan. Bandung: Alfabeta.
Firdausi, Arif. Rifai & Barnawi. (201).Profil Guru SMK Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruz Media
ISE. Industrial Training Table. International School of Enginering. diperoleh 20 Maret 2016, dari http://www.ise.eng.chula.ac.th/web/sites/default/files/page-files/Industrial_Training_Process_Table.pdf
Permendiknas.2007. Pendidikan Kejuruan. Jakarta: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
Tambunan, Rudi. 2011. Pedoman Penyusunan Standar Operational Prosedure (SOP). Jakarta: Meiestas Publishing.
Tripathi,R., & Chaurasia, K.,K. 2014. Analysis And Evaluation Of Training Methods. IRC’s International Journal of Multidisciplinary Research in Social & Management Sciences, 2(2), 2320-8236.
DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i1.14972
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Sarwo Edi, Suharno Suharno, Indah Widiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.