PENGARUH BATAS OTOMASI SUDUT STANG KEMUDI (STEER ANGLE) TERHADAP TIMING AUTO CANCEL SEIN BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328P

Kholid Yusuf Eryandi, Yuyun Estriyanto, Indah Widiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kinerja auto cancel sein berdasarkan batas otomasi sudut kemudi ditinjau dari kecepatan dan (2) untuk menemukan batas otomasi sudut stang kemudi (steer angle) yang paling sesuai. Sistem auto cancel sein diterapkan berbasis Mikrkontroler ATmega328P. Penelitian ini menggunakan penyelidikan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1), terdapat perbedaan hasil timing auto cancel sein berdasarkan batas otomasi sudut stang kemudi (steer anglei). Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian data menunjukkan, bahwa ketika batas otomasi diubah maka data hasil kinerja auto cancel sein juga ikut berubah. Perubahan itu mengindikasikan bahwa batas otomasi sudut kemudi mempengaruhi kinerja auto cancel sein. kedua, (2). Batas otomasi yang paling sesuai untuk ditetapkan pada mikrokontroler adalah 3ᵒ, karena pada batas tersebut memiliki penyimpangan yang paling kecil, dengan nilai simpangan rata-rata sebesar 0.632.

Kata Kunci : Auto Cancel Sein, Batas Otomasi sudut Stang Kemudi, Timing auto

cancel sein, Potensiometer, Mikrokontroler.


Full Text:

PDF
rticle

References


Putranto Agus. (2008). Teknik Otomasi Industri Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Satria Adhi, (2016). Rancang Bangung Auto Cancel Sein Sepeda Motor Berbasis Mikrokontroler (Ditinjau Dari Kecapatan Sepeda Motor). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Setiyarini Arista. (2014). Analisis Budaya Berkendara Sepeda Motor Dalam Perspektif Gender Dikecamatan Depok Kabupaten Sleman. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.

Sutantra, I. Nyoman. (2001). Teknologi Otomotif Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i1.14970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Kholid Yusuf Eryandi, Yuyun Estriyanto, Indah Widiastuti

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.