PENERAPAN DEMONSTRATION AND EXPERIMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 SURAKARTA

Agus Efendi, Budi Siswanto

Abstract


mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran aktif metode demonstration dan experiment dalam mata
pelajaran Pekerjaan Dasar Konstruksi Bangunan (PDKB) di SMK Negeri 2 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan luaran dari penelitian ini adalah
memperbaiki proses pembelajaran dalam pelajaran PDKB di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Surakarta
melalui penerapan metode pembelajaran aktif metode demonstration dan experiment.
Penelitian PTK ini dilakukan di SMK Negeri 2 Surakarta. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas
dilaksanakan dalam waktu 6 bulan mulai bulan Mei sampai Oktober 2010. Subjek dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) pada Tahun Pelajaran 2009/2010. Data dalam penelitian
ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan tes yang dilakukan terhadap peserta didik terhadap
pemahaman mata pelajaran Pekerjaan Dasar Konstruksi Bangunan (PDKB) melalui model pembelajaran aktif
metode demonstration dan experiment. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pendidik dan peserta didik pada
mata pelajaran PDKB kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Negeri 2 Surakarta sebagai kolaborasi
peneliti. Validitas data, dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yang
digunakan adalah model analisis interaktif. Prosedur yang dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas ini
berlangsung sampai pada dua siklus dengan tahapan langkah mencakup 1) perencanaan tindakan , 2)
pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi.
Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa dengan penerapan metode demonstration and
experiment pada mata pelajaran PDKB, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan peningkatan ketuntasan
belajar peserta didik dari 67,65% (siklus I) menjadi 85,30%(siklus II), Selain itu dengan penerapan metode
demonstration dan experiment pada mata pelajaran PDKB dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas X
Teknik Gambar Bangunan (TGB).


Full Text:

PDF
rticle

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.

Boeree, George. 2008. Metode Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta : Arruzz Media.

Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran.Bandung : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dkk. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Echolis Jhon M., dan Hasan Shadily.1984. Andas Inggris Indonesia. Jakarta : PT. Gramedia.Cet. Ke-8.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendaktan Sistem. Jakarta : Bumi

Aksara.

Joni, Raka. 1992. Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Melalui Strategi Pembelajaran

Aktif (Cara Belajar Siswa Aktif) dan Pembinaan Profesional Guru, Kepala Sekolah serta

Pembina Lainnya. Jakarta: Rinehart and Wiston.

J.J. Hasibuan dan Mujiono. 1993.Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Moleong, L, J. 1989. Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT.Remaja

Rosdakarya.

Mulyono, Anton. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Suharsini Arikunto. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning.Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Suradji, 2008. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UPT Penerbitan dan Percetakan ( UNS Press).

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta:

Depdiknas.

Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.

Zuhairini, dkk. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya : Usaha Nasional.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v7i1.12660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Agus Efendi, Budi Siswanto

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.