MANAJEMEN KULTUR SEKOLAH (Konsep, Operasional, dan Temuan-Temuan Penelitian)

Roemintoyo Roemintoyo

Abstract


Kultur (budaya) organisasi melekat pada oganisasi. Kultur merupakan pandangan hidup yang diakui bersama oleh suatu kelompok masyarakat yang mencakup cara berfikir, perilaku, sikap, nilai yang tercermin baik dalam ujud fisik maupun abstrak. Kultur sekolah dalam suatu lingkungan pendidikan sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah. Perwujudan kultur sekolah perlu diusahakan kondisi yang mendukungnya, yaitu: kepemimpinan/keteladanan, dan bimbingan terhadap setiap anggota agar mampu meningkatkan semangat kerja dan rasa bangga akan korpnya. Nilai, moral, sikap dan perilaku siswa tumbuh berkembang selama waktu di sekolah, dan perkembangan mereka tidak dapat dihindarkan dipengaruhi oleh struktur dan kultur sekolah serta oleh interaksi mereka dengan aspek/komponen di sekolah.

Full Text:

PDF
rticle

References


Ekosusilo, M. 2003. Sistem Nilai dalam Budaya Organisasi pada Sekolah Unggul (Studi Multi Kasus di SMU Negeri 1, SMU Regina Pacis, dan SMU Al Islam I di Surakarta). Disertasi, tidak dipublikasikan. Malang: Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Gemnafle, M. 2003. Hubungan Budaya Organisasi, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Pelaksanaan Pengawasan dengan Kinerja Guru dalam Mengajar SMU Negeri dan Swasta di Sulawesi Tenggara. Disertasi, tidak dipublikasikan. Malang: Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Gordon, J.R. 1991. A Diasnostic Approach to Organizational Behavior. 3td.ed. Needham Hights, Mass: Allyn and Bacon.

Hariyanto, H. 2002. Kontribusi Kinerja Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SLTP Negeri di Kabupaten Malang. Tesis, tidak dipublikasikan. Malang: Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Hasri, S. 2002. Budaya Organisasi Perguruan Tinggi: Studi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) "Abdi Bangsa Indonesia". Disertasi, tidak dipublikasikan. Malang: Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Hersey, P., & Blanchard, K.H. 1978. Management of Organizatioal Behavior: Utilizing Human Resources. 3nd edition. New Delhi: Prentice-Hall of India.

Indrapradja, F.X.T. 1992. Pemimpin dan Budaya Perusahaan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Manajemen Konsensus dalam Bisnis 3. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Luthans, F. 1989. Organizational Behavior. 5th.ed New York: McGraw-Hill, Inc.

Koentjaraning,rat. 1989. Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Rineka Cita.

Koentjaraningrat. 1996. Pengantar Antroologi. Jilid 1. Jakarta: Rineka Cita.

Mastuhu. 2003. Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21 (The New Mind Set of National Education in the 21st Century). Yogyakarta: Penerbit Safiria Insania Press bekerjasama dengan Magister Studi Islam Universitas Islam Indonesia.

Peraturan Pemerintah RI tentang Rencana Pembang,unan Jangka Menengah Nasional Tahun 2004-2009. Jakarta: Penerbit CV Tamita Utama.

Ouchi, W.G. 1981. Theory Z. New York: Addison-Wesley.

Owens, R.G. 1991. Organizational Behavior in Education. Fourth Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Robbins, S.P. 1990. Teori Organisasi: Struktur, Desain & Aplikasi. Edisi 3. Jakarta: Penerbit Arcan.

Soedomo. 1989/1990. Landasan Pendidikan. Malang: IKIP Malang.

Sonhadji, K.H.A. 1991. Birokrasi, Hubungan Manusiawi dan Budaya dalam Organisasi. Malang: IMP Malang.

Soetopo, H. 2001. Hubungan Karakteristik Bawahan, Kontrol Situasi, Perilaku Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Iklim Organisasi dengan Keefektifan Organisasi pada Universitas Swasta di Kota Malang. Disertasi tidak dipu-blikaksikan. Malang: Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Suryaman. 2007. Budaya Organisasi Sekolah: Suatu Studi Etnografi. Malang: Surya Pna Gemilang.

Tirtarahardja, U. & Sulo, S.L.L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Usa, L.O. 2008. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Iklim Organisasi, Kepuasan Kerja Guru dan Komitmen Guru dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Buton dan Kota Bau-Bau. Disertasi, tidak dipublikasikan. Malang: Progam Studi Manajemen Pendidikan. Progam Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Williams, C. 2001. Manejemen. Terjemahan oleh M. Sabarudin Napitupulu. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v6i2.12624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Roemintoyo Roemintoyo

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.