PENINGKATAN HASIL BELAJAR RANAH AFEKTIF MELALUI PEMBELAJARAN MODEL MOTIVASIONAL

Aryanti Nurhidayati, Ernawati Sri Sunarsih

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model motivasional terhadap peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental yaitu quasi experimental (eksperimental semu). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Pretest-Posttest Yang Tidak Ekuivalen (The Non Equivalent Pretest-Posttest Design). Sample penelitian ini adalah dua kelas mahasiswa yang mengambil mata kuliah Mekanika Tanah di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, JPTK, FKIP, UNS. Satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pembelajaran model motivasional terhadap peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa.


Full Text:

PDF
rticle

References


Bransford, J.D., Brown, A.L., & Cocking, R.R. (2000). How People Learn. Brain, Mind, Experience, and School. Washington D.C.: National Academy Press.

Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (1990). Measurement and Evaluation in Teaching. New York: MacMillan Publishing Company.

Hartono. (2008). SPSS 16.0 analisis data statistika dan penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Morgan, C. (1986). Introduction to Psychology. New York: McGraw-Hill Book Co.

Sardiman, A.M. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suciati & Irawan, P. (2005). Teori Belajar dan Motivasi. Modul PEKERTI. Jakarta: Pusat Antaruniversitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Suryanto, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wlodkowski, R. (1985). Enhancing Adult Motivation to Learn. San Francisco: Jossey-Bass Publishers.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v6i2.12614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Aryanti Nurhidayati, Ernawati Sri Sunarsih

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.