PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEKNIK PONDASI

Aryanti Nurhidayati, Rima Sri Agustin, Taufiq Lilo Adi S., Roemintoyo Roemintoyo, Eko Supri Murtiono

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi hampir seluruh kehidupan manusia di berbagai bidang. Untuk dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, maka kualitas sumber daya manusia harus ditingkatkan melalui peningkatan mutu pembelajaran. Pendidikan tidak hanya bertujuan memberikan materi pelajaran tetapi lebih menekankan bagaimana mengajak mahasiswa untuk menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri sehingga mahasiswa dapat mengembangkan kecakapan hidup (lifeskill) dan siap untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menghendaki situasi belajar yang alamiah, yaitu mahasiswa belajar dengan sungguh-sungguh dengan cara mengalami dan menemukan sendiri pengalaman belajarnya. Situasi pembelajaran sebaiknya dapat menyajikan aplikasi nyata, masalah yang autentik dan bermakna yang dapat menantang mahasiswa untuk memecahkannya. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran berdasarkan masalah atau Problem Based Instruction (PBI). Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh model pembelajaran PBI dapat meningkatkan keaktifan, kemandirian disamping ketuntasan belajar mahasiswa.
Penelitian berlangsung di prodi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS Surakarta selama 6 bulan efektif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Bangunan Semester V yang mengikuti mata kuliah Teknik Pondasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) atau lesson study. Data dikumpulkan melalui observasi objek, portofolio pengerjaan tugas dan angket.
Berdasar hasil analisis penelitian penerapan pembelajaran Problem Based Instruction menunjukan bahwa model Problem Based Instruction dapat diterapkan pada Mata Kuliah Teknik Pondasi. Kegiatan pembelajaran Problem Based Instruction, telah berhasil meningkatkan kemandirian dalam mengkonstruksi pengetahuannya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar, keaktifan mahasiswa mengalami peningkatan walaupun tidak signifikan, dan ketuntasan belajar mahasiswa tercapai yang ditunjukkan tidak hanya dari hasil belajar, tetapi juga proses pembelajaran sudah terpusat pada mahasiswa (student centered). Pembelajaran Problem Based Instruction yang dilaksanakan, menurunkan jumlah mahasiswa yang mempunyai score di bawah rata-rata kelas dari 63% menjadi hanya 47% yang mempunyai score di bawah rata-rata kelas dan meningkatkan nilai rerata hasil belajar dari 78,6 menjadi 78,85.


Full Text:

PDF
rticle

References


Ade Gafar Abdullah dan Taufik Ridwan. Implementasi Problem Based Learning Pada Proses Pembelajaran di BPTP Bandung.

Festiyed dan Ermawati. 2008. Pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Media Sederhana untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran, volume 30, nomor 02, Agustus 2008.

Gathot Sumarsono. 2006. Penerapan Problem Based Instruction Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus Pada Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Batang. Skripsi: Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang.

Ibrahim,Muslimin dkk. 2000. Pengajaran Berdasrkan Masalah. Surabaya: Unesa.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo.

Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Wawan Junaidi. Cara Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. wawan.junaidi.blogspot.com

Widyawati dan Festiyed. 2010. Makalah Strategi Pembelajaran. Universitas Negeri Padang.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aktivitas dan Prestasi Belajar. www.ipote.wordpress.com/2008/05/24

Lembar Observasi Aktivitas Siswa. www.scribd.com

Model Pembelajaran Problem Based Instruction dan Hasil Belajar. www.repository.upi.edu




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v6i1.12500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Aryanti Nurhidayati, Rima Sri Agustin, Taufiq Lilo Adi S., Roemintoyo Roemintoyo, Eko Supri Murtiono

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.