Penggunaan model pembelajaran index card match untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran ips siswa kelas iv sekolah dasar

Solekhah Solekhah, Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti, Siti Wahyuningsih

Abstract

Researchers conduct classroom action research to improve critical thinking skills in social science using  index card match learning model. The method used is classroom action research conducted in two cycles and each cycle consists of two meetings. Data collection methods include observation, documentation, interviews, and tests. The subjects in this study were fourth grade students at SD N Totosari No. 102 teachings in 2019/2020 which consist of 26 students. researchers used data analysis with qualitative techniques consisting of reduction, presentation of data, and drawing conclusions. in the first cycle obtained data with a percentage of completeness of 19.23%, then proceed to the second cycle of action with a percentage of completeness of 73.03%.  It can be said that the index card match learning model is proven to improve the critical thinking skills in social science subjects.

Keywords

Critical thinking skills, Index Card Match, and Elementary School

Full Text:

PDF

References

Sapriya 2009 Pendidikan IPS (Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA)

Rahmad 2016 Konsep Dasar IPS SD (Jakarta: GP Press Group)

Z Siti 2010 Keterampilan Dasar IPS (Jakarta: Laksana)

F Ikhtiana Aini, Idam Ragil Widianto Atmojo , and Sularmi 2020 Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Teori Kontruktivisme pada Model Pembelajaran IPA Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Didakt. Dwija Indria 8(1)

M J Bezanilla, D Fernández-Nogueira, M Poblete, and H Galindo-Domínguez 2019 Methodologies for teaching-learning critical thinking in higher education: The teacher’s view Think. Ski. Creat 33 100584

M Fahrizal, J I S Poerwanti, and S Wahyuningsih 2020 Penerapan Model Pembelajara Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPS Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik 6(1) 29–35

S Anggarwati, J I S Poerwanti, and S Wahyuningsih 2020 Penerapan Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPS pada Peserta Didik Kelas IV A Sekolah Dasar Didakt. Dwija Indria 8(4)

A Muhammad, H Meila , and R Medika 2017 Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Jenis Kelamin Siswa di SMKN 1 Kamal J. Ilm. EDUTIC 4(1) 20–27

S Agus 2014 Cooperative Learning (Jogjakarta: Pustaka Pelajar)

R N K Rambe 2018 Penerapan Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia J. Tarb 25(1) 93–124

S N P S Prawira, Z S, and I G A O Negara 2014 Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar IPS SD E-Journal Mimb. PGSD Univ. Pendidik. Ganesha 2(1)

A Kumalasari 2013 Penggunaan Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanglo, Klaten Selatan Tahun 2012/2013 Skripsi Tidak Dipublikasikan (Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta)

A Maskuroh 2017 Penggunaan Strategi Index Card Match dalam Pembelajaran IPA kelas IV di MI Al Ma’arif Tambakreja Kedungreja Cilacap Skripsi Tidak Dipublikasikan (Purwokerto : IAIN Purwokerto)

S A Wibowo 2018 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match dalam

Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena di Kelas XI A Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2017/2018 Skripsi Tidak Dipublikasikan (Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta)

A F and Marlina 2019 Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match, Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik J. Basicedu 3(4) 1047–1054

U Rodiyah, F Oviyanti, and Y Hapida 2018 Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Gerak pada Tumbuhan J. Bioilmi 4(1) 22–24

H Firda 2019 The Effect of Index Card Match Method to The Math Critically Thinking Skill Oriented to Higher Order Thinking Skills (HOTS) Indones. J. Math. Educ 2(2)

S Suwartiani 2017 Metode Index Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mapel IPS Kelas VI SD J. Pendidik. Ris. Dan Konseptual 1(1) 1–6

P. Ajeng 2018 Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match dengan The Power of Two Ditinjau dari Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Jawa Barat Universitas Terbuka

Refbacks

  • There are currently no refbacks.