Biopower dalam Penggunaan Filter Instagram pada Mahasiswa UNS

Maestu Kunma Kukuh

Abstract


Saat ini banyak orang khususnya mahasiswa dalam memanfaatkan media sosial. Mahasiswa memanfaatkan media sosial karena banyak fitur yang menarik, salah satunya fitur filter Instagram. Melalui penggunaan filter Instagram mereka dapat menutupi kekurangan dirinya dan mendapatkan identitas baru. Disaat yang bersamaan, penggunaan filter Instagram juga dapat memperlihatkan bagaimana seseorang memiliki biopower sebagai bentuk kuasa atas tubuh biologisnya dalam memilih penggunaan Instagram. Tujuan dari penelitian ini memperlihatkan bagaimana Biopower dalam penggunaan filter Instagram pada mahasiswa UNS dan kaitannya dengan identitas mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan fenomenologi. Ditemukan hasil dari penelitian ini adalah  adanya pendapat bahwa terdapat biopower serta krisis biopower terjadi penggunaan filter Instagram oleh mahasiswa UNS. Selain itu terdapat berbagai dampak penggunaan filter Instagram yang dipengaruhi standar kecantikan oleh mahasiswa UNS. Ditambah lagi dengan adanya pendapat mengenai adanya pengaruh dan tidak pengaruh pada identitas sosial mahasiswa UNS dalam penggunaan filter Instagram


Full Text:

PDF
rticle

References


Akbar, N. F., & Faristiana, A. R. (2023). Perubahan Sosial dan Pengaruh Media Sosial Tentang Peran Instagram dalam Membentuk Identitas Diri Remaja. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 98-112.

Cisney, V. W., & Morar, N. (Eds.). (2016). Biopower: Foucault and beyond. Chicago, IL: The University of Chicago Press.

Febriana, Eka (2023) Implikasi Penggunaan Filter Instagram terhadap Konfidensi Remaja di Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

Fitrianti, R. (2021). Simulacrum Media Di Era Postmodern: Analisa Semiotika Jean Baudrillard dalam Narasi Iklan Kecantikan Dove Edisi ‘Dove Real Beauty Sketches’. Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 1(2), 92-117.

Kaborang, V. D. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Perkembangan Identitas Sosial Pada Remaja. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 3(1), 91-100.

Kamil, R. (2014). Aku, kamu, dan media sosial. Bandung: Sygma Creative Media Corp.

Khoerunnisa, R., Selian, T. M., & Nurvikarahmi, T. (2021). Peranan Penggunaan Instagram terhadap Kepercayan Diri Remaja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8723-8731.

Putri, D. M., Prisanto, G. F., Ernungtyas, N. F., & Putri, S. A. (2022). Personal Branding Politikus Melalui Media Sosial. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 5(2), 195-207.

Riama Juliana Tambunan, Aurora Rachel Hutabarat, Yedi Santoso, & Yunita Sari. (2024). Konstruksi Identitas dan Kecantikan Melalui Teknologi Filter Manipulasi Wajah pada Instagram (Analisis Semiotika Visual Roland Barthes). Scientica: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 2(2), 197–220.

Sari, L. N., & Susilawati, N. (2022). Motif Penggunaan Filter Instagram dikalangan Mahasiswa Perempuan Universitas Negeri Padang. Jurnal Perspektif, 5(2), 217-227.

Tajfel, H., & Turner, J. C. (1979). An integrative theory of intergroup conflict. The social psychology of intergroup relations, 33(47), 74.

Tajfel, H., & Turner, J. C. (2004) The social identity theory of intergroup behavior. InPolitical psychology(pp. 276-293).Psychology Press.

Tambunan, R. J., Hutabarat, A. R., Santoso, Y., & Sari, Y. (2024). Konstruksi Identitas dan Kecantikan melalui Teknologi Filter Manipulasi Wajah pada Instagram. Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 2(2), 197-220.

Wulansari, Y. D., Afcarina, J. S., Zahrafani, S. A. W., & Afifah, W. (2024). Pengaruh Media Sosial terhadap Konstruksi Identitas Mahasiswa Universitas Jember. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), 336-346.




DOI: https://doi.org/10.20961/jodasc.v7i2.98783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Recent Issues