Tingkat Aktivitas Roleplay K-POP di Platform X, Tingkat Kemampuan Komunikasi Terhadap Tingkat Interaksi Sosial Remaja

Adelia Rossa Maharani

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan hubungan antara tingkat aktivitas roleplay, tingkat kemampuan komunikasi, dengan tingkat interaksi sosial remaja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Jaringan sosial oleh Fukuyama dan Teori Pertukaran Sosial oleh George Homans dan Peter Blau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori (explanatory research). Pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemain roleplay yang mengikuti base @roleplayerfess di media sosial X sebanyak 1.562, dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang secara random. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan tabulasi data dan statsitik korelasi uji (uji korelasi product moment, korelasi parsial product moment, dan korelasi ganda) yang dibantu dengan program SPSS 25.0. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa tingkat aktivitas roleplay dengan tingkat interaksi sosial tidak melalui tingkat kemampuan komunikasi yang berarti hubungan tersebut murni. Hal ini disebabkan dalam interaksi sosial sudah terkandung kemampuan komunikasi. Interaksi sosial akan membentuk keterampilan sosial, salah satu unsur dari keterampilan sosial adalah kemampuan komunikasi.

Full Text:

PDF
rticle

References


Achsa, H. P., & Affandi, M. A. (2013). Representasi Diri Dan Identitas Virtual

Pelaku Roleplay Dalam Dunia Maya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Fadhila, A. D. (2022). Peran Kegiatan Membaca Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas X Di MAN 2 Mojokerto. Doctoral dissertation, IAIN Kediri.

Fajar, F. T. U., & Muthiah, I. (2023, December). Kepuasan Hidup dalam Bermain pada Remaja Pengguna Akun Roleplayer di Jejaring Media Sosial Twitter di Kota Lubuklinggau. In Proceeding Conference on Genuine Psychology (Vol. 3, pp. 222-238).

Flores-Mamani, E., Machaca-Machaca, R. D., Flores-Yapuchura, Á. Y., Tapia-Espinoza, P. B., Rolando-Esteban, R. H., & Edwin-Abdon, Q. C. (2024). Communication Skills and Empowerment of Rural Women. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18(7), e08025-e08025.

Ghassani, D. N., & Rinawati, R. (2017). Konsep Diri Korean Role Play (Studi Fenomenologi pada Korean Role Player dalam Dunia Virtual Role Play World di Media Sosial Twitter). Prosiding Manajemen Komunikasi, 392-402.

Haq, K. (2016). Pengaruh Pelatihan Komunikasi Efektif Terhadap Kemampuan Komunikasi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1).

Hattori, K., & Yamada, M. (2023). Closing the psychological distance: The effect of social interactions on team performance.

Indriyani, N. (2020). Pengaruh Diskusi Kelompok Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Lhoknga Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).

Rakhmaniar, A. (2024). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Pola Komunikasi Remaja di Perkotaan: Studi Kualitatif Pada Remaja Dikota Bandung. KONSENSUS: Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum dan Ilmu Komunikasi, 1(1), 11-25.

Rizkyansyah, F. N. (2021). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Dan Kedisiplinan Petugas Unit Sentra Operasi Terminal (Sot) Terhadap Performa Kerja Bidang Parking Stand Di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (Doctoral dissertation, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi KeDirgantaraan).

Siringo-Ringo, M. M. (2019). Citra Basarnas Medan dalam Pencarian dan Pertolongan Korban Tenggelamnya Kapal Sinar Bangun pada Keluarga Korban di Kecamatan Simanindo. Doctoral dissertation, Universitas Medan Area.

Sebayang, G. A. B., Ginting, S. J. B., & Simamora, M. T. (2024). Gambaran Interaksi Sosial Tunarungu Di Sekolah Inklusif Rumah Ceria Medan. Skylandsea Profesional Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, 4(2), 147-154.




DOI: https://doi.org/10.20961/jodasc.v7i2.98590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Recent Issues