Tingkat Membangun Citra Brand Skincare Avoskin Pada Influencer Rubi Community
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keaktifan mengikuti program pemberdayaan, kemampuan berkomunikasi di media sosial, terhadap tingkat membangun citra brand skincare Avoskin pada influencer RUBI Community. Penelitian ini menggunakan teori konstruktivisme oleh Vygotsky dan Piaget, serta teori citra oleh Frank Jeffkins. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode survey dengan jenis penelitian eksplanatori (explanatory research). Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebarkan secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota RUBI Community sebanyak 1.918, dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang, diambil dengan batas standart error ± 5%, interval kepercayaan 95%, reliabilitas ± 5% yang terbatas dengan tingkat heterogenitas tertinggi (p : q = 0,5 : 0,5). Teknik uji analisis data yang dilakukan menggunakan tabulasi data dan statistik korelasi uji yang dibantu dengan program Statistical Package for the Social Science for Windows atau SPSS for Windows versi 26.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan keaktifan mengikuti program pemberdayaan terhadap tingkat membangun citra brand skincare tidak bersifat murni dan melalui kemampuan berkomunikasi di media sosial sebagai faktor uji variabel intervening. Keaktifan mengikuti program pemberdayan, kemampuan berkomunikasi di media sosial, dan tingkat membangun citra brand skincare Avoskin di dalam populasi memiliki hubungan secara bersama-sama. Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian ini sesuai dengan teori konstruktivisme oleh Vygotsky dan Piaget, serta teori citra oleh Frank Jeffkins. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa keaktifan mengikuti program pemberdayaan, berhubungan dengan tingkat membangun citra brand skincare melalui adanya kemampuan berkomunikasi di media sosial.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. M. (2017). Manajemen Komunikasi Periklanan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Afrida, R., Yacob, S., & Sari, N. (2020). Membangun loyalitas pelanggan melalui kualitas produk dan citra merek (studi pada pelanggan Oppo Jambi). Jurnal Dinamika Manajemen, 8(1), 1-10.
Alma, B. (2013). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.
Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [the Role of Social Media Influencers in Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203-229.
Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [the Role of Social Media Influencers in Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203-229.
Anwas, M. O. (2014). Pemberdayaan Masyarakat di Era Globalisasi. Bandung: Alfabeta.
Ardianto, E. (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Remaja Rosda Kary.
Chao, R. F., Wu, T. C., & Yen, W. T. (2015). The Influence Of Service Quality, Brand Image, and Customer Satisfaction on Customer Loyalty for Private Karaoke Roomsin Taiwan. The Journal of Global Business Management, 11(1), 59-67.
Christina, C., Bangsa , P. G., & Christianna, A. (2020). Perancangan Brand Identity Produk Perawatan Kulit Wajah L'Neviz Cosmetics. Jurnal DKV Adiwarna, 1 (16), 9.
Devito, A. J. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Kharisma Publishing Group.
Hartati, & Ayu, N. (2018). Pengaruh Citra Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bunayya dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa Yayasan Pendidikan Islam Al-Munawwarah Murad Medan. Universitas Medan Area.
Hendrowati, T. Y. (2015). Pembentukan Pengetahuan Lingkaran Melalui Pembelajaran Asimilasi Dan Akomodasi Teori Konstruktivisme Piaget. Jurnal E-Dumath, 1(1)., 80-88.
Hilman, Y. A. (2018). Model Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Berbasis Komunitas. Aristo, 6 (1), 45-67.
Kristiniati, R. &. (2014). Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (Pnpm-Mp) Di Desa Bligo Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 2(2), 205-220.
Kurnia, H. (2014). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Universitascokroaminoto Yogyakarta. Academy Of Education Journal, 5(2), 52-68.
Mardian, M. H., Misnawati, D., & Reinaldi, M. (2022). Efektivitas Sosial Media Sebagai Media Promosi Desa Surabaya Timur. Sosmaniora: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 1(1), 86–90.
Marisya, M. Y. (2023). Peranan Public Relations Dalam Menjaga Citra Perguruan Tinggi. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 10(2), 128-143.
Munawaroh, I. &. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Pada Produk Skincare Whitelab. Journal Of Applied In Business Management And Accounting, 2(01), 13-33.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Purwanto, D. (2014). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Purwo, R. H. (2020). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Bpsdm) Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 458-467.
Puspita, I. M. (2019). Marketing Public Relation Peremajaan Merek Sebagai Strategi Pemasaran Dalam Membangun Citra Produk Baru. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(01), 19-26.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel. Bandung: Alfabeta.
Rustan, A. S. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Deepublish.
Ruyani, N. A. (2022). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan. Indonesian Journal Of Office Administration, 4(1), 62-86.
Sany, U. P. (2019). Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Al Qur’an. Jurnal Ilmu Dakwah, 39(1), 32-44.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Syoalehat, Q. N. (2016). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Bakso Bakar Pak Man Kota Malang. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, 26(3), 20-26.
Tamrin, M. S. (2011). Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Dalam Pembelajaran Matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 40-47.
Verrawati, A. J. (2015). Implikasi Teori Konstruktivisme Vygotsky Dalam Pelaksanaan Model Pembelajaran Tematik Integratif Di SD. ). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(11), 1-15.
Widiastuti, N. (2018). Peran Lembaga Kursus Dan Pelatihan Menjahit Dalam Memperkuat Manajemen Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Padalarang). Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 30-35.
DOI: https://doi.org/10.20961/jodasc.v7i1.88877
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.