PERILAKU SOSIAL MASYARAKAT DALAM UPAYA MENCIPTAKAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN BANTARAN SUNGAI KALI PEPE KOTA SURAKARTA

Muhammad Tito Harvianto

Abstract


“Perilaku Sosial Masyarakat Dalam Upaya Menciptakan Kebersihan Lingkungan Bantaran Sungai Kali Pepe Kota Surakarta” Dalam upaya Perilaku masyarakat sangat beragam jenisnya. Baik itu perilaku yang menyangkut kepentingan individu maupun perilaku yang menyangkut kepentingan masyarakat atau orang banyak. Dampak yang ditimbulkan dari perilaku tersebut juga berbeda ada yang berdampak pada diri sendiri dan juga ada yang berdampak pada lingkungan sekitar.

Dari penelitian yang dilakukan, maka perilaku masyarakat Gilingan dalam kaitannya dengan menjaga ekosistem sungai dan juga lingkungan sekitarnya berbeda antar satu dengan yang lainnya. Perbedaan perilaku masyarakat tersebut selain dikarenakan faktor kebudayaan dan juga pola pikir juga dikarenakan faktor profesi atau pekerjaan yang dimiliki.

Salah satunya akan mengolah sampahnya dengan berpartisipasi di sebuah IPAL di Gilingan. Oleh karena itu, limbah dari sisa proses produksi akan diolah terlebih dahulu dengan sistem IPAL yang kemudian dibuang ke sungai. Setelah melalui proses pengolahan yang panjang, limbah tersebut kurang beracun dan lebih aman bahkan untuk dibuang ke sungai. Sedangkan untuk industri yang masih memiliki sisa limbah batik dari pabrik yang membuat batik, masyarakat langsung membuangnya ke sungai dengan membuat pipa penghubung dari tempat produksi ke sungai sehingga saat limbah masuk ke sungai akan terlihat jelas air sungai menjadi perubahan warna karena sampah dan perwarna dari limbah pabrik kain. Perbedaan pola perilaku juga terlihat di masyarakat dengan kerja IPAL, pengurus, dan tokoh masyarakat dan lingkungan di Gilingan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/jodasc.v5i2.62885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues