HUBUNGAN ANTARA KEPENTINGAN EKONOMI DAN PARTISIPASI DALAM JUAL BELI ONLINE DENGAN KETAHANAN USAHA PEDAGANG PASAR TRADISIONAL (Studi pada Pedagang di Pasar Gede Kota Surakarta)

Victory Monica Christy, Ratna Devi Sakuntalawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepentingan ekonomi dan partisipasi dalam jual beli online dengan ketahanan usaha pedagang di Pasar Gede Kota Surakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Tindakan Ekonomi dan Teori Partisipasi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode survei dengan jenis penelitian eksplanatori (explanatory research). Pengumpulan data menggunakan intrumen penelitian berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu pedagang buah di Pasar Gede sebanyak 127 orang, dengan sampel yang diambil sebanyak 96 orang. Analisis data menggunakan statistik korelasi yang terdiri dari korelasi product moment, korelasi parsial product moment dan korelasi ganda, yang dibantu dengan program Statistical Package for the Social Science for Windows versi 23.0.           

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa hubungan kepentingan ekonomi dengan ketahanan usaha tidak murni, tetapi harus melalui variabel partisipasi dalam jual beli online sebagai faktor uji variabel intervening. Akan tetapi di dalam populasi, kepentingan ekonomi, partisipasi dalam jual beli online, dan ketahanan usaha memiliki hubungan secara bersama-sama. Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian ini sesuai dengan teori tindakan ekonomi menurut Richard Swedberg dan teori partisipasi menurut Taliziduhu Ndraha. Dapat disimpulkan bahwa ketahanan usaha dapat tercapai apabila terdapat kepentingan ekonomi dan partisipasi dalam jual beli online.

Full Text:

PDF
rticle

References


Devi, L.V. Ratna. 2008. Ikatan Solidariats, Keberdayaan Usaha, Dan Ketahanan Usaha Kelompok Etnis Pedagang Tekstil Pasar Klewer Surakarta. Surakarta: Lindu Pustaka.

Dewi, Dian Sukma. 2020. Dampak Keberadaan Pasar Modern terhadap Pendapatan pasar Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus di Desa Tanggul Angin Kecamatan Punggur). Skripsi. Lampung: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Mukshin. 2019. Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan E-Commerce dan Media Sosial) bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jurnal TEKNOKOM, Vol. 2 (1).

Octaviani, Ismi, Abdul Haris, Sujarwo. 2020. Strategi Adaptasi Pedagang Tradisional saat Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi IPS, Vol. 4 (2).

Pramono, Hery Ananta. 2011. Menahan Serbuan Pasar Modern. Yogyakarta: Lembaga Ombudsman Swasta Diy.

Rakanita, Amanda. 2019. Pemanfaatan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jurnal EKBIS, Vol. 20 (2).

Santosa, Awan, Imam Suharjo, Sumiyarsih. 2020. Digitalisasi Pasar Tradisional di Masa Pandemi. Yogyakarta: MBridge Press.




DOI: https://doi.org/10.20961/jodasc.v5i1.54307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues