PELANGGARAN HARAPAN TERKAIT EDUKASI KECANTIKAN DI REALITAS TIKTOK (Studi dengan Pendekatan Dramaturgi pada akun dr. Richard Lee, MARS, AAAM dan dr. Reza Gladys, Dipl. AAAM)
Abstract
Abstrak
Tiktok merupakan media berinteraksi menggunakan video yang sedang digandrugi masyarakat, khususnya masa pandemi sekarang ini. Salah satu konten yang sedang menarik perhatian adalah edukasi kecantikan. Dalam mengedukasi para pengikutnya, dokter mempresentasikan diri sehingga memiliki harapan tertentu saat berinteraksi. Interaksi dengan harapan semacam ini bisa saja mengalami pelanggaran seperti saat interaksi tatap muka. Sayangnya, belum terdapat penelitian yang membahas terkait adanya pelanggaran harapan pada Tiktok, khususnya konten edukasi kecantikan. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui pelanggaran harapan yang terjadi pada edukasi kecantikan dalam Tiktok yang meliputi presentasi dan harapan aktor, bentuk pelanggaran harapan, serta nilai imbalan atas pelanggaran harapan. Teori yang digunakan adalah Teori Dramaturgi oleh Erving Goffman dan Teori Pelanggaran Harapan milik Judee K. Burgoon. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan dramaturgi. Informan ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui dokumentasi akun tiktok @drrichardlee dan @rezagladys. Selain itu terdapat pula dokementasi pendukung pada beberapa sumber. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulakan dokumentasi yang menyokong data penelitian yang dibutuhkan berupa tangkapan layar dan video. Kemudian validitas data dilakukan dengan teknik trianggulasi sumber, yaitu membandingkan video satu dengan yang lainnya. Serta analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan mengumpulkan data pelanggaran harapan pada edukasi kecantikan di realitas Tiktok melalui catatan, kemudian mereduksi data, mengelompokkannya, dan menyajikan data yang telah diperoleh untuk selanjutnya diverifikasi juga disimpulkan.
Kata Kunci : pelanggaran harapan, dramaturgi, edukasi kecantikan, realitas tiktok.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/jodasc.v4i2.54174
Refbacks
- There are currently no refbacks.