Pengaruh Covid-19 Terhadap Penggunaan Media Sosial
Abstract
Fenomena COVID-19 yang mulai terjadi pada akhir tahun 2019 di Wuhan, China secara tidak disangka menjadi pandemi yang mengancam seluruh dunia. Dengan terjadinya pandemi, berbagai upaya dilakukan untuk meminimalisir kerugian seperti menggunakan masker dan menjalani social distancing. Social distancing yang merupakan pembatasan interkasi secara luring menyebabkan adanya kesenjangan komunikasi antara satu individu dengan individu lain. Pembatasan interkasi tidak hanya merugikan dalam segi sosial namun juga secara psikologis mengingat manusia yang merupakan makhluk sosial. Media sosial sebagai suatu wadah yang memberikan keluasan untuk berinterkasi secara tidak langsung menjadi sebuah pilihan yang telah lama hadir di tengah masyarakat. Media sosial yang sebelumnya identik dengan fitur khas anak muda, kini menjadi fitur yang tidak asing untuk berbagai kalangan usia. Dengan berbagai fitur yang diberikan, media sosial berhasil mengisi kesenjangan yang ditimbulkan oleh social distancing. Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan penggunaan media sosial selama pandemi COVID-19. Metode deskriptif analisis dengan pengambilan data berupa studi literatur dan kuesioner yang dilakukan pada 32 responden umum.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/jodasc.v4i1.49909
Refbacks
- There are currently no refbacks.