DINAMIKA PERAN PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN PARRIWISATA DI DAERAH PESISIR KABUPATEN REMBANG (Studi Deskriptif Obyek Wisata Pantai Karang Jahe Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang)

Rizka Adhe Yuanita, Thomas Aquinas Gutama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perempuan dalam pengembangan pariwisata di daerah pesisir Kabupaten Rembang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peran perempuan dalam pengembangan pariwisata di daerah pesisir Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran perempuan dalam pengembangan pariwisata di daerah pesisir Pantai Karang Jahe Desa Punjulharjo Kabupaten Rembang sangat berperan dalam atraksi dan penyediaan fasilitas di kawasan wisata Pantai Karang Jahe. Hal tersebut dibuktikan dari keterlibatan peran perempuan dalam kegiatan pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh pihak-pihak terkait dan menyediaakan fasilitas wisata dengan membuka kegiatan usaha seperti berdagang di kawasan wisata untuk menyediakan kebutuhan-kebutuhan pengunjung. Akan tetapi dalam aksesbilitasi danĀ tourism organization, peran perempuan dirasa masih kurang karena hanya sedikit yang terlibat. Faktor yang mempengaruhi peran perempuan dalam pengembangan pariwisata Pantai Karang Jahe ini berupa : kurangnya koordinasi, kurangnya pengetahuan dan ketrampilan, masih menganut sistem patriarki dan masih adanya budaya nenek moyang yang dianut.


Full Text:

PDF
rticle

References


Ritzer, George dan G. J. Goodman. 2010. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Haryono, Edi dan Nugraheni, Irma Lusi. 2018. Geografi Pesisir dan Kelautan. Yogyakarta :

Graha Ilmu.

Undang Undang No.10/2009 tentang kepariwisataan

Redaksi. 2019. Ini Perkembangan Pariwisata Rembang 2018.

https://rembangkab.go.id/berita/ini-perkembangan-pariwisata-rembang-2018/

pada tanggal 12 November 2019.

______. 2012. World Tourism Organization.

Rembang. diakses

Kemenlu

https://kemlu.go.id/portal/id/read/135/halaman_list_lainnya/world-tourism-organization-un- wto dikakses pada tanggal 28 Oktober 2019.




DOI: https://doi.org/10.20961/jodasc.v3i2.45770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues