TINDAKAN DISKRIMINASI MAHASISWA TERHADAP TRANSGENDER (Fenomenologi Kualitatif Tindakan Diskriminatif yang dilakukan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret terhadap Transgender)

Fikria Ariba, Rahesli Humsona

Abstract


Masyarakat Indonesia masih sulit untuk mengakui adanya bias gender di lingkungannya. Pada masa kini prasangka gender ini lebih kuat dan nyata dibanding prasangka rasial. Wanita digambarkan sebagai seorang yang lemah, butuh dilindungi, tidak punya ambisi, harus bersikap feminin (Joko, 2008). Laki-laki digambarkan sebagai seorang yang kuat, bijaksana, harus memiliki kesuksesan diatas perempuan, dan bersikap maskulin. Penelitian ini membahas adanya perbedaan perilaku atau diskriminasi yang dilakukan mahasiswa terhadap transgender berdasarkan adanya konstruksi sosial mengenai bias gender yang berada di Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta. Analisis wacana kritis yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori Feminisme Postmodern yang menjelaskan pentingnya kesetaraan gender tanpa memandang jenis kelamin dan Konstruksi Sosial dari Peter L. Berger. bersama Thomas Luckman. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan strategi fenomenologi. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat diskriminasi terhadap transgender akibat adanya konstruksi sosial sehingga memunculkan prasangka, streotipe, dan kebencian dikarenakan dianggap sebagai penyimpangan nilai dan norma masyarakat.


Full Text:

PDF
rticle

References


A.Nunuk. 2004. Getar Gender. Indonesiatera, Magelang, 2004. Hal. 78

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Perspektif Mikro: Grounded theory,

Fenomenologi, Etnometodologi, Etnografi, Dramaturgi, Interaksi Simbolik,

Journal of Development and Social Change, Vol. 3, No. 2, Oktober 2020 p-ISSN 2614-5766, https://jurnal.uns.ac.id/jodasc

Burhan Bungin.2001. Imaji Media Massa. (Konstruksi dan Makna Realitas Sosial Iklan Televisi dalam Masyarakat Kapitalistik). Yogyakarta: Jendela Press. h. 9.

Demartoto, 2013.TEORI KONSTRUKSI SOSIAL DARI PETER L. BERGER DAN THOMAS LUCKMAN. Diunduh di https://argyo.staff.uns.ac.id/2013/04/10/teori- konstruksi-sosial-dari-peter-l-berger-dan-t homas-luckman/ tanggal 2 Desember 2019

Pukul 0:01

Gadis Arivia. 2006. Feminisme ; Sebuah Kata Hati. Jakarta: Kompas. 20

Kuncoro Joko. 2008. Prasangka dan Diskriminasi. Universitas Sultan Agung Semarang.

Marcella, Yospehine. 2020. Pengertian Diskriminasi Gender. Diunduh di https://www.academia.edu/23943834/Pengertian_Diskriminasi_Gender. tanggal 12 Februari 2020.

Sapariniah Sadli. 2010. Berbeda Tapi Setara. Jakarta: Kompas Media Nusantara. Hal 23.

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Yudah, Anindita. 2013. Representasi Transgender dan Transeksual dalam Pemberitaan di Media Massa: Sebuah Tinjauan Analisis Wacana Kritis. Jurnal Kriminologi Indonesia. 37-49




DOI: https://doi.org/10.20961/jodasc.v3i2.45767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues