Pengembangan Software Pengukur Performa Jaringan Komunikasi Fiber Optic (FO) sebagai Alternatif Transmisi Node B (NB) berbasis Android

Ervian Arif Muhafid

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan software android untuk mengukur performa jaringan fiber optic dan untuk membandingkan keakuratan hasil pengujian melalui aplikasi dengan data hasil pengukuran secara riil. Performa yang dibahas dalam penelitian ini yaitu redaman total, Optical Signal to Noise Ratio (OSNR) dan Bit Error Rate (BER). Metode yang digunakan untuk mendapatkan nilai redaman disepanjang kabel dan redaman total yaitu dengan melakukan pengukuran jaringan fiber optic dengan Optical Time Domain Reflectometer (OTDR). Setelah melakukan pengukuran, maka data tersebut diproses untuk manghasilkan keluaran berupa performa jaringan yaitu nilai redaman total, OSNR dan BER. Hasil keakuratan dari kedua perbandingan tersebut ditunjukkan dengan prosentase tingkat error. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan dilakukan melalui tahapan (1) studi putaka android yang dijadikan sebagai pemilihan aplikasi akan digunakan; (2) studi pustaka jaringan fiber optic; (3) merancang sistem kerja untuk merencanakan alur pekerjaan yang akan dilalui; (4) penentuan jalur dan parameter yang diukur; (5) melakukan pengukuran core dengan instrument berupa OTDR; (6) perancangan desain aplikasi dan pembuatan program aplikasi berbasis android; (7) dilakukan simulasi program; (8) mengamati dan menganalisa hasil simulasi; (9) pengambilan data dan analisa hasil pengujian dari aplikasi yang telah dibuat; (10) pembuatan laporan dan penarikan kesimpulan dari aplikasi yang telah dibuat. perbandingan keakuratan hasil aplikasi dengan data hasil pengukuran secara riil didapatkan nilai 5.53% untuk perbandingan antara hasil teori dengan nilai hasil pengukuran dan mendapatkan nilai 5.10%.

 

Keywords

fiber optic; performa; optical link budget

Full Text:

PDF

References

Agrawal, G. P. (2002). Fiber-optic communications system, third edition. British: John Wiley & Sons, Inc.

Antony, T., & Gumaste, A. (2003). DWDM network designs and engineering solutions. http://www.ciscopress.com/articles/printerfriendly/30886, 9 April 2020

Anwar, R., Rosmiati, M., & Zani, T. (2015). Pembuatan aplikasi pengukuran dan analisis loss daya fiber optik menggunakan matlab. Jurnal Tugas Akhir. Universitas Telkom, Bandung.

Badriyah, T. (2007). Lecturer pens., dari Lecturer Pens Web site: http://tessy.lecturer.pens.ac.id/kuliah/db2/klasifikasi.pdf, 9 April 2020

Bonaventura, G. (2010). Optical fibers, cables and systems. Geneva: ITU-T Manual.

Chomycz, B. (2009). Planning fiber optics networks. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

GN Nettest. (2000). Understanding OTDRs, part #33881 rev. a. New York: GN Nettest.

Keiser, G. (2003). Optical communication essentials. New York: McGraw-Hill Book Co.

Kothari, C. R. (2004). Research methodology methods and techniques 2th ed.. New Delhi: New Age International Publishers.

Meier, R. (2012). Professional android 4 aplication development. Indianapolis: John Wiley & Sons Inc.

Muhafid, E.A & Primadi, M.R. (2014). Pengembangan alat eksperimen bunyi dengan sistem akuisisi data berbasis smartphone android. Jurnal Fisika 4 (2), ISSN 2088-2509.

Roychoudhuri, C. (2000). Fiber optic telecommunication. dalam n. massa, fundamentals of photonics. Springfield: University of Connecticut.

Wadhana, E. K., & Setijono, H. (2010). Analisa redaman serat optik terhadap kinerja sistem komunikasi serat optik menggunakan metode optical link power budget. Jurnal Skripsi, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.