Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Menggunakan Program Anbuso di SMA Negeri 1 Boyolali

Rina Irawati, Elvin Yusliana Ekawati, Sri Budiawanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kualitas butir soal penilaian akhir semester gasal kelas XI mata pelajaran Fisika SMA Negeri 1 Boyolali tahun ajaran 2019/2020 menggunakan program AnBuso, (2) mengetahui ketuntasan setiap indikator pada penilaian akhir semester gasal kelas XI mata pelajaran Fisika SMA Negeri 1 Boyolali tahun ajaran 2019/2020 dengan bantuan Program AnBuso. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif berbantuan program AnBuso versi 8.0, dengan mengumpulkan data-data kuantitatif yang didukung data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dengan sumber data berupa soal PAS fisika kelas XI tahun ajaran 2019/2020, kunci jawaban, kisi-kisi soal beserta jawaban peserta didik. Analisis butir soal dilakukan untuk mengetahui daya beda, tingkat kesukaran, efektivitas  pengecoh, kualitas setiap butir soal dan ketuntasan setiap indikator. Jumlah soal yang dianalisis sebanyak 35 butir dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan (A, B, C, D dan E). Sampel penelitian sebanyak 200 peserta didik yang diambil dari kelompok atas dan kelompok bawah,  sedangkan untuk mengetahui ketuntasan setiap indikator melibatkan semua peserta didik kelas XI yang mengikuti PAS fisika. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Sebanyak 16 butir (45,71%) sudah memiliki kategori baik dengan daya beda baik atau cukup, semua alternatif jawaban efektif, dan tingkat kesukaran sedang. (2) Indikator yang sudah tuntas yaitu pada sub materi momen gaya (soal nomor 3) dan sub materi prinsip kerja pesawat (soal nomor 13) karena sudah dapat dikuasai oleh 85% peserta didik, sedangkan 33 indikator lainnya belum tuntas atau belum dapat dikuasai oleh 85% peserta didik.

Keywords

Analisis butir soal, daya beda, tingkat kesukaran, kualitas soal, ketuntasan indikator

Full Text:

PDF

References

Abdul Rahman, A. A. (2018). Item analysis of multiple choice questions. Pakistan Oral & Dental Journal , 291-293.

Ariyana, L. T. (2011). Analisis butir soal ulangan akhir semester gasal ipa kelas IX SMP di kabupaten grobogan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Azwar, S. (2012). Tes prestasi fungsi pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chellamani, C. &. (2013). Analysisi of test items on difficulty level and discrimination index the test for reseach in education. International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research, 189-193.

Ernawati. (2016). Analisis butir soal ulangan akhir semester gasal mata pelajaran ipa kelas IV SD negeri gugus martoloyo kecamatan tegal timur kota tegal tahun ajaran 2015/2016. Skripsi, 32.

Farida, I. (2017). Evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fatimah, L. U. (2019). Analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 37-64.

Happi Yuslita, Z. M. (2016). Analisis tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal mata pelajaran sejarah kelas XI semester ganjil di SMA negeri 5 banda aceh tahun pelajaran 2015-2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 131-138.

Hasmiah. (2018). Analisis butir soal buatan guru mata pelajaran biologi pada semester ganjil kelas XI SMA negeri 8 takalar tahun ajaran 2017/2018. Skripsi, 32.

Ismail Burud, K. N. (2019). Impact of distractors in item analysis of multiple choice questions. International Journal of Research in Medical Sciences , 1136-1139.

Ismet Basuki, H. (2014). Asesmen pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Marilyn H.Oermann, K. B. (2009). Evaluation and testing in nursing. New York: Springer Publishing Company.

Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 87-97.

Muhson, A. (2015). Kelayakan anbuso sebagai software analisis soal bagi guru. Jurnal Kependidikan, 210.

Muhson, A. (2017). Penggunaan anbuso (analisis butir soal) versi 8.0. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Paran, L. S. (2010). Testing the untestable in language education. New York: Short Run Prss Ltd.

Putri, A. Y. (2013). Analisis instrumen ujian akhir semester mata pelajaran IPA (fisika) di sekolah menengah pertama negeri kabupaten ngawi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Rahayu, R. (2016). Analisis kualitas soal pra ujian nasional mata pelajaran ekonomi akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 85-94.

Wati, R. (2015). Analisis butir soal ulangan umum semester ganjil mata pelajaran IPA MTs N 1 rasau jaya tahun ajaran 2014/2015.Pontianak: Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.