Analisis Kebutuhan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Materi Gejala Pemanasan Global

Adventia Putri Pradita, Rini Budiharti, Sri Budiawanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis kebutuhan Guru dalam pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam mengatasi kebutuhan peserta didik pada pembelajaran materi Gejala Pemanasan Global yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sukoharjo, SMA Negeri 2 Sukoharjo, dan SMA Negeri 3 Sukoharjo. Hasil pengamatan menggunakan teknik dokumentasi dan teknik wawancara yang dianalisis menggunakan deskriptif kualititatif. Terdapat 4 tahap pada penelitian ini, yakni analisis kurikulum, analisis perangkat, analisis karakteristik peserta didik, dan penentuan solusi atas kebutuhan guru dan peserta didik yang selanjutnya dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil pengamatan menemukan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek pada materi Gejala Pemanasan Global belum optimal dilaksanakan di sekolah, yaitu” pada guru adalah 1) guru masih kesulitan dalam pemahaman dan penyusunan perangkat pembelajaran, 2) guru masih kesulitan menentukan model pembelajaran yang tepat, 3) guru masih kurang kreatif. Sedangkan pada peserta didik adalah, 1) tidak ada pembelajaran materi Gejala Pemanasan Global di kelas, peserta didik diminta belajar mandiri, 2) peserta didik jarang diberikan pembelajaran yang memiliki kegiatan praktik, 3) peserta didik hanya memahami materi Gejala Pemanasan Global secara teori saja, tanpa mengetahui aplikasi dalam kehidupan konkret, 4) peserta didik merasa bosan dengan model pembelajaran ceramah sehingga menyebabkan sikap yang kurang aktif dalam belajar. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut solusi yang diberikan perlunya dikembangkan perangkat pembelajaran berbasis proyek pada materi Gejala Pemanasan Global agar peserta didik memperoleh pengamalan belajar yang bermakna.

Keywords

Analisis Kebutuhan; Project Based Learning; Gejala Pemanasan Global

Full Text:

PDF

References

Azwar, Saifuddin. (2007). Metode penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik. Yogyakarta: Gava Media.

Gm, Jingga. (2013). Panduan lengkap menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Yogyakarta: Araska.

Irawati, I. (2016). Lomba roket air: penerapan pembelajaran fisika berbasis proyek. Prosiding Seminar Nasional Fisika SNF2016.

Isa, A. & Jamil A. (2012). How to measure students’ creativity. Journal of The Asian Conference on the Social Science Official Conference Proceedings, 2186-2303

Kaufman, J.C., Jonathan C. P. & John B. (2008). Essentials of creativity assessment. John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey

Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2), 241 - 251.

Muskania, R. T., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran project-based learning untuk memberkali foundational knowledge dan meningkatkan cientific literacy. Cakrawala Pendidikan (Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 36 (1), 34-43.

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Yunus, A. A., Ali, S., & Rusli, M. A. (2016). Pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA negeri 1 tanete riaja. Jurnal Fisika, FMIPA Universitas Negeri Makassar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.