ANALISIS PENYALURAN TENAGA KERJA OLEH PERUSAHAAN-PERUSAHAAN OUTSOURCING DI PERUSAHAAN AIRLINES (STUDI KASUS DI PT MANDALA AIRLINES)

Gotra Lidya Puspita, Mochamad Affandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang usaha penyaluran tenaga kerja oleh perusahaan outsourcing (alih daya) dalam menyalurkan tenaga kerja. Perusahaan d outsourcing (alih daya) merupakan saran yang tepat untuk membantu pemerintah dalam menyalurkan tenaga kerja yang ada dengan mempertemukan para pencari kerja dengan lowongan yang tersedia. Masalah utama dalam hal penelitian ini adalah usaha-usaha yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan outsourcing dalam melakukan penyaluran tenaga kerja sehingga para pencari kerja dapat terserap ke perusahaan Airlines. Obyek penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan outsourcing yang berada di PT Mandala Airlines.

 

Kata Kunci: Mandala Airlines, Tenaga Kerja, Outsourcing

JEL Classification: J50, J53

Full Text:

PDF
rticle

References


Abbas, Salim. (2007). Outsourcing Terhadap Keunggulan Bersaing Plaza di Surabaya. Tesis Tidak Dipublikasikan. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Malang: Universitas Brawijaya.

Anonim, (2007). Outsourcing (Alih Daya) dan Pengelolaan Tenagakerja pada Perusahaan: (Tinjauan Yuridis Terhadap Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan). http://jurnalhukum.blogspot.com/2007/05/outsourcing-dan-tenaga-kerja.html.

Diakses tanggal 30 Januari 2009.

______,http://dinas-nakertrans.jakarta.go.id/website/pages/data-daninformasi/publikasi-ketenagakerjaan/ptkd-2007/konsep-ketenagakerjaa.php.Diakses tanggal 30 Januari 2009.

_______. (2007). Profil Sumberdaya Manusia Indonesia. Jakarta: Depnakertrans.

Bungin, Burhan. (2001). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Faiz, Pan M. Outsourcing dan Pengelolaan Tenaga Kerja. http://outsourcingonline.wordpress.com/2008/05/07/outsourcing-danpengelolaan-tenaga-kerja/. Diakses tanggal 16 Februari. 2009.

Herlambang, R. (2007). Dampak Kerja Kontrak Dilihat dari Segi Hak Asasi Manusia. Surabaya: Universitas Airlangga.

Kartono, Kartini. (1981). Psikologi Sosial Perusahaan dan Industri. Jakarta: CV Rajawali.

Khoiruddin, Arwan. (2007). Melihat Kelebihan dan Kekurangan Iklim Outsourcing TI di Indonesia. http://arwankhoirudding.blogspot.com/2007/10/melihat-kelebihan-dan-kekurangan-iklim.html. Diakses tanggal 25 Juli 2009.

Levina, Natalia. (2003). From the Vendors Perspective: Exploring the Value Proposition in Information Technology Outsourcing. Http://MISQjournal.com. Diakses tanggal 1 Juni 2009.

Mankiw, N. Gregory. (2006). Principles of Economics: Pengantar Ekonomi Mikro, 3th ed. Penerjemah Chriswan Sungkono. Jakarta: Salemba Empat

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pranoto, R. Djoko dan Indradjit, R.Eko. (2003). Proses Bisnis Outsourcing. Jakarta: Grasindo.

Simanjuntak, Payaman J. (1985). Pengantar Ekonomi Sumberdaya Manusia. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sudarso, Indung. (2008). Outsourcing Vs Insourcing SDM Pengaruhnya Terhadap Kinerja. Disertasi Tidak Dipublikasikan. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Malang: Universitas Brawijaya.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, Tities S. (2009). Respon Tenagakerja Wanita terhadap Resiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Dampaknya pada Produktivitas Kerja. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Malang: Universitas Brawijaya.

Susanto, Edi. (2003). Deskripsi tentang Proses Penyaluran Tenagakerja. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Malang: Universitas Brawijaya.

Tambusai, Muzni (2005). Pelaksanaan Outsourcing (Alih Daya) ditinjau dari Aspek Hukum Ketenagakerjaan Tidak Mengaburkan Hubungan Industrial. Http://www.nakertrans.go.id/arsipberita/naker/outsourcing.php. Diakses tanggal 30 Januari 2009.

Wirawan (2006). Rubrik Hukum Teropong Apa yang Dimaksud dengan Sistem Outsourcing?.http://pikiranrakyat.com/cetak/0504/31/teropong/komenhukum.htm.

Yudha Prima, Vika Dadang. (2008). Analisis Pengaruh Upah, Insentif, MasaKerja, Pendidikan, Pelatihan dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus pada Karyawan Koperasi Simpan Pinjam Dharma Bina Raharja Ponorogo). Skripsi Tidak Dipublikasikan. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Malang: Universitas Brawijaya.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiep.v15i2.9908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats Free counters!