ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNTUNGAN PEKERJA SEKTOR INFORMAL KOTA SURAKARTA (SUBSEKTOR PEDAGANG KAKI LIMA)

Fajar Setiawan, Izza Mafruhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan pekerja Sektor informal dengan fokus kepada Pedagang Kaki Lima yang ada di Kota Surakarta. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan Regresi Linear Berganda dengan OLS (Ordinary Least Square). Responden penelitian ini adalah Pedagang Kaki Lima yang ada di Kota Surakarta, baik yang berasal dari Surakarta ataupun luar Surakarta. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah keuntungan sebagai variabel dependen dan pendidikan, usia, jenis kelamin, pengalaman kerja, jam kerja, dan modal sebagai variabel indpenden. Hasil dari penelitian ini adalah variabel pendidkan, jam kerja, dan modal berpengaruh positif dan signifkan terhadap keuntungan Pedagang Kaki Lima yang ada di Kota Surakarta. Variabel usia, jenis kelamin, dan pengalaman kerja tidak berpengaruh terhadap keuntungan Pedagang Kaki Lima. Tidak terdapat perbedaan keuntungan yang diterima oleh Pedagang Kaki Lima yang berjualan di pusat kota dengan yang di pinggir kota. Pihak terkait seperti pemerintah diharapkan dapat memaksimalkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keuntungan Pedagang Kaki Lima, dengan harapan Pedagang Kaki Lima akan memperoleh keuntungan yang lebih tinggi.

Kata Kunci: Sektor informal, Pedagang Kaki Lima, Keuntungan

JEL Klasifikasi: O17, L26, L25


Full Text:

PDF
rticle

References


Anisa, Nurul. 2018. Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal, Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. [Skripsi]. Bandung: Universitas Pasundan.

Antara, I Komang A., & Aswitari, Luh P. 2016. “Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kecamatan Denpasar Barat”. E-Jurnal EP Unud. 5(10):1265-1291.

Antyanto, Ikhwan N. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tenaga Kerja Memilih Sektor informalSebagai Mata Penacharian. Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Creswell, John W. 2009. Research Design Pendektan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chandrakirana, K., & Sadoko, I. 1995. Dinamika Ekonomi Informal di Jakarta Industri Daur Ulang, Angkutan Becak, dan Dagang Kakilima. Jakarta: Universitas Indonesia

Effendi, Tadjoeddin N. 1993. Sumber Daya Manusia, Peluang Kerja dan Kemiskinan. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Hoetomo. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Mitra Pelajar.

Irawan, Hendra., & Ayuningsasi, Ketut A A. “Analisis Variabel yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di Pasar Kreneng Kota Denpasar”. E-Jurnal EP Unud. 6(10): 1952-1982.

Kadim, Dorce N., Masinambouw, Vicky A., & Sumual, Jeckline I. 2017. “Pengaruh Jumlah Produksi, Pengalaman Usaha, dan Jenis Kelamin Terhadap Pendapatan Usaha Tukang Jahit di Presiden Shopping Center Kecamatan Wenang Kota Manado”. Jurnal Berkala Ilmiah Efiisensi. 17(2).

Kuncoro, M. 2001. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Manning, Chris., & Effendi, Tadjoedin N. 1991. Urbanisasi, Pengangguran, dan Sektor informal di Kota. Jakarta: Gramedia.

Martinez, L., Short, Rennie J., & Estrada, D. 2017. The Urban Informal Economy: Street Vendors In Cali, Colombia. Cities. 66. 34-43.

Mithaswari, Ida Ayu D., & Wenagama, I Wayan. 2018. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di Pasar Seni Guwang”. E-Jurnal EP Unud. 7 (2): 294-323.

Musselman, Vernon A., & Jackson, John H. 1989. Pengantar Ekonomi Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Mustafa, Ali A. 2008. Transformasi Sosial Masyarakat Marginal Mengukuhkan Eksistensi Pedangang Kaki Lima dalam Pusaran Modernitas. Malang: INSPIRE

Nazara, S. 2010. Ekonomi Informal di Indonesia: Ukuran, Komposisi, dan Evaluasi. Jakarta: Organisasi Perburuhan Internasional.

Nazir. 2013. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keuntungan Usaha Kecil dan Menengah di Kota Lhokseumawe”. Semnas Fekon: Optimisme Ekonomi Indonesia 2013, Antara Peluang dan Harapan.

Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Pirmana, V. 2006. Earnings Differential Between Male-Female In Indonesia: Evidence From Sakernas Data. Bandung: Universitas Padjajaran.

Pitoyo, Agus J. 2007. “Dinamika Sektor informal Indonesia Prospek Perkembangan dan Kedudukannya Dalam Sistem Ekonomi Makro”. Populasi. 18(2). 0853- 0262.

Putri, Arya D., & Setiawina Nyoman D. “Pengaruh Umur, Pendidikan, Pekerjaan Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Miskin di Desa Bebandem. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. 2. 2303-0178.

Puspitawati, H. 2012. Gender dan Keluarga: Konsep dan Realita di Indonesia. Bogor: PT IPB Press.

Rini, Hartati S. 2012. Dilema Keberadaan Sektor informal. Komunitas. 4. 200- 2009.

Riskiana, N. 2010. Faktor-Faktor Penyebab Penduduk Bekerja di Sektor informal, Sebagai Tukang Ojek di Kelurahan Sukarame, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung. [Skripsi]. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rothenberg, Alexander D., Gaduh, A., Burger, Nicholas E., Chazali, C., Tjandraningsih, I., Radikun, R., Sutera, C., & Weilant, S. 2015. “Rethinking Indonesia’s Informal Sector”.World Development Journal. 80. 96-113.

Safaria, Anie F., Suhanda, D., & Riwanti, S. 2013.Hubungan Perburuhan di Sektor informal. Bandung: Akatiga.

Samuelson, Paul A., & Nordhaus, William D. 2003. Ilmu Mikroekonomi. Jakarta: PT Media Global Edukasi.

Simanjuntak, P. 1985. Pengatar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sukirno, S. 2016. Mikroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sumbogo, L. 2014. Analisis Variabel-variabel yang Mempengaruhi Pendapatan Tenaga Kerja Wanita di Sektor Formal (Studi Kasus PT. Pembangkitan Jawa-Bali Unit Pembangkitan Gresik). Malang: Universitas Brawijaya.

Tumen, S. 2016. “Informality as a Stepping Stone: A- Search Theoretical Assessment of Informal Sector and Government Policy”. Central Bank Review. 16. 109-117.

Wahyono, Budi. 2017. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di Pasar Bantul Kabupaten Bantul”. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. 6(4).




DOI: https://doi.org/10.20961/jiep.v21i2.88585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats Free counters!