ANALISIS PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFIS DAN KECAKAPAN LITERASI KEUANGAN SERTA TEKNOLOGI TERHADAP PREFERENSI JENIS INVESTASI GENERASI Z
Abstract
Generasi Z ialah generasi yang lahir antara tahun 1995-2010 semakin menjadi fokus utama dalam konteks investasi karena dominansi mereka di pasar modal. Riset ini terbentuk dengan tujuan agar menganalisis bagaimana faktor demografis, literasi keuangan, dan tingkat pemahaman teknologi mempengaruhi preferensi jenis investasi generasi Z. Generasi Z yang dikenal juga dengan iGen terbiasa hidup dengan gadget dan internet. Keterbiasaan tersebut menyebabkan generasi Z dapat dengan mudah mencari informasi dan mempelajari bagaimana investasi bekerja. Penelitian ini memakai metode survei digunakan untuk mengelompokkan data dari sampel yang mewakili generasi Z. Hasil analisis regresi logistik memperlihatkan jika faktor demografis, literasi keuangan, dan kecakapan teknologi memiliki pengaruhnya masing-masing terhadap tiap-tiap jenis investasi. Penelitian ini mengelompokkan berbagai investasi menjadi tiga kelompok yakni investasi surat berharga, investasi riil, dan investasi lainnya. Analisis regresi logistik metode logit memperlihatkan jika variabel penghasilan, literasi keuangan, serta kecakapan teknologi berdampak dengan signifikan pada preferensi jenis investasi surat berharga. Akan tetapi pada preferensi jenis investasi riil dan investasi lainnya, masing-masing dipengaruhi secaea signifikan oleh satu variabel saja. Prefrensi jenis investasi riil dipengaruhi oleh penghasilan sedangkan jenis investasi lainnya dipengaruhi oleh kecakapan teknologi. Hasil analisis regresi logistik metode logit menunjukkan bahwa preferensi jenis investasi yang dipilih oleh generasi Z dipengaruhi oleh variabel yang berbeda-beda.
Kata Kunci: Preferensi, Generasi Z, Investasi, Logit
JEL Klasifikasi: D11, J13, E22, C25
Full Text:
PDFReferences
Afriani, D., & Halmawati, H. (2019). Pengaruh Cognitive Dissonance Bias, Overconfidence Bias Dan Herding Bias Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(4), 1650–1665. https://doi.org/10.24036/jea.v1i4.168
Agus Widarjono, 2018. Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya Disertai Panduan Eview. Edisi kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta.
Ajzen, Icek. (1985). From Intentions to Actions: A Theory of Planned Behavior. Action Control. Springer-Verlag Berlin Heidelberg.
Ajzen, Icek. (1991). From Intentions to Actions: A Theory of Planned Behavior. Action Control. Springer-Verlag Berlin Heidelberg.
Ajzen, Icek. (2012). The theory of planned behavior, In.P.A Lange, A.W. Kruglanski & E.T.Higgins (Eds.). Handbook of theories of social psychology.London.UK.
Ajzen, Icek. (1988). Attitudes, Personality and Behaviour. The Dorsey Press.
Ajzen, Icek. (1991). The Theory of Planned Behavior, Organizational Behavior amd Human Decision Precesses, 179-211.
Ardiana, T. E., Sugianto, L. O., & Chamidah, S. (2020). the Influence of Minimum Investment Capital, Risk Perception of Students Investment in Indonesia Capital Market. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(03), 313–323. https://doi.org/10.29040/ijebar.v4i03.1248
Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
B. N. Marbun. (2003) Kamus Manajemen. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Badan Pusat Statistik. Jumlah Penduduk Menurut Wilayah, Klasifikasi Generasi, dan Jenis Kelamin, Indonesia, Tahun 2020. https://sensus.bps.go.id/topik/tabular/sp2020/2/0/0
Dewi G.A.K.R.S. dan Vijaya D.P. (2018). Investasi dan Pasar Modal Indonesia. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Malhotra, Naresh K. (2009). Riset Pemasaran Edisi ke empat jilid I. Jakarta: Indeks.
Mandell, L. (2008). The Financial Literacy of Young American Adult: Result of the National Jumpstart Coalition Survey of High School Seniors and College Student.
Mankiw, N. Gregory. 2006. Pengantar Teori Ekonomi. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat
Manueke, A. (2015). Jurnal Penyerapan Tenaga Kerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Agribisnis dan Non-Agribisnis (Studi Kasus: di Kelurahan Kakaskasen dua Kecamatan Tomohon Utara). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2.
Misbahuddin & Hasan. (2013). Analisis data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Negara, A. K., & Febrianto, H. G. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal. Business Management Journal, 16(2), 81. https://doi.org/10.30813/bmj.v16i2.2360
Noordiono, Azis. (2016). Karakter Generasi Z dan Proses Pembelajaran pada Program Studi Akuntansi UNAIR 2016. Jurnal. Surabaya Unair.
Panjaitan, & Listiadi. (2021). Literasi Keuangan dan Pendapatan pada Keputusan Investasi dengan Perilaku Keuangan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 11(1), 142–155.
Putra, Y. S. (2016). Theoretical Review: Teori Perbedaan Generasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Among Makarti, 9(1952), 123–134.
Putri, W. W., & Hamidi, M. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan, dab Faktor Demografi Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 398–412.
Rita, M. R. & Kusumawati, R. (2010). Pengaruh Variabel Sosiodemografi dan Karakteristik Finansial Terhadap Sikap, Norma Subjektif dan Control Perilaku Menggunakan Kartu Kredit: Studi pada Pegawai di UKSW Salatiga.
Safitri, D., Rahmawati, T., & Maftukhin, M. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Berinvestasi. Seminar Nasional I Universitas Pamulang, 1(1), 1–15. https://core.ac.uk/download/pdf/337610591.pdf
Santrock, John W.. (2018). Educational Physchology (Edisi ke- 6). New York: McGraw-Hill Education.
Stillman, D., & John Stillman. (2018). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja. PT Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatitf, dan R&D. Bandung alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitating, dan R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Sunariyah. 2011. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, Edisi ke empat. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.
Tukiran, Taniredja & Hidayati Mustafidah. 2012. Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.Refbacks
- There are currently no refbacks.