EKSISTENSI TOKO MILIK RAKYAT (TOMIRA) DI KULON PROGO: KAJIAN DETERMINAN FAKTOR PERMINTAAN KONSUMEN TOKO RITEL

Rhenny Wulan Ndarey, Danur Condro Guritno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga produk, kualitas pelayanan, citra toko, dan selera konsumen terhadap permintaan konsumen toko ritel pada Tomira (Toko Milik Rakyat) di Kabupaten Kulon Progo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif. Data yang digunakan adalah data primer dan sistem pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Tomira (Toko Milik Rakyat) dengan sampel berjumlah 100 responden yaitu 50 responden konsumen Tomira mitra by Alfamart dan 50 responden konsumen Tomira mitra by Indomaret. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa..variabel selera konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan konsumen. Variabel harga produk tidak berpengaruh terhadap permintaan konsumen. Variabel..kualitas pelayanan tidak mempengaruhi permintaan konsumen dan variabel citra toko tidak berpengaruh terhadap permintaan konsumen. 

Kata Kunci: Ritel, Harga Produk, Kualitas Pelayanan, Citra Toko, Selera Konsumen, Permintaan Konsumen

JEL Klasifikasi: D12, L81, M31

Full Text:

PDF

References

Akila. (2017). Pengaruh Insentif Dan Pengawasan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada CV. Vassel Palembang. Jurnal Ecoment Global, 2(2), 35. https://doi.org/10.35908/jeg.v2i2.250

Aliyan, M. I., Farida, N., & Listyorini, S. (2015). Pengaruh Citra Toko Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Konsumen Toko Gunung Agung Cirebon Mall). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 024, 1–9.

Atmaja, D. P., & Adiwinata, M. F. (2013). PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOPITIAM OEY SURABAYA. Journal of Chemical Information and Modeling, 1.

Budiarto, A., & Purwanti, E. Y. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Sepeda Motor di Kota Semarang (Studi Kasus : PNS Kota Semarang). Journal Of Economics, ISSN: 2337-3814, 2(3), 1–11.

Febianti, Y. N. (2014). PERMINTAAN DALAM EKONOMI MIKRO. Edunomic, 2.

Hamidi, W., & Hasbi, M. (2014). ANALISIS PENGARUH MIGRASI MASUK TERHADAP PERMINTAAN RUMAH SEDERHANA DI KOTA PEKANBARU. Jurnal Ekonomi, 22(September).

Harsanto, L. F. ., & Hidayat, W. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Pada Ukm Martabak Mas Ipung Di Perumahan Plamongan Indah Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 53(9), 1689–1699.

Jaya, H. S., & Suparna, G. (2018). PENGARUH ATMOSFER TOKO, KESESUAIAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TEMDAY STORE DENPASAR. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(6), 2887–2912.

Kurniawan, H. D. (2018). PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(4), 72–82.

Liem, R. N. S. (2006). Strategi pelaku bisnis ritel dalam mengembangkan produk. Jurnal Manajemen, 1–7.

Mankiw, N. G. (2000). Pengantar Ekonomi (Y. Sumiharti (Ed.); Jilid 1). Penerbit Erlangga.

Mulyawan, D. R. (2016). Birokrasi dan Pelayanan Publik (W. Gunawan (Ed.)). UNPAD PRESS.

Pelupessy, M. M. (2018). Analisis Pengaruh Promosi dan Harga terhadap keputusan pembelian Besi Putih di Kota AMBON ( Studi Empiris pada Toko Besi Putih Asli ( Khas ) Maluku Di Kota Ambon ). Jurnal SOSOQ, 6(1), 108.

Pertiwi, S., & Fauziah, E. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN BARANG PANGAN DAN SANDANG PADA PERUSAHAAN RITEL X KARAWANG. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 20–41.

Pindyck, R. S., & Rubinfeld, D. L. (2009). Mikro Ekonomi (B. Sarwiji (Ed.); Sixth Edit). PT Indeks.

Suantara, I. G. P. E., Artana, M., & Suwena, K. R. (2014). Pengaruh Selera Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Honda Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA, 4(1), 1–10.

Supatra, M. I., & Retnawati, B. B. (2010). PENGARUH TANGGAPAN KONSUMEN TERHADAP RITEL MODERN BARU 2010 DI KOTA SEMARANG TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PEMBELIAN ( Studi Perempuan Pekerja di Semarang ). 13, 104–118.

Wu, P. C. S., Yeh, G. Y. Y., & Hsiao, C. R. (2011). The effect of store image and service quality on brand image and purchase intention for private label brands. Australasian Marketing Journal, 19(1), 30–39. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2010.11.001

Yanto, D. T. A. (2013). Pengaruh Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket Alfamart Kamal Dafed. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(4), 1117–1129.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.