ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN DI BOYOLALI

Gerano Sukarno, Dwi Prasetyani

Abstract


Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer manusia, pakaian tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia sehari-hari. Maka dari itu segmnetasi bisnis pakaian merupakan bisnis yang cukup menjanjikan, ditambah dengan beragamnya gaya hidup dan budaya yang ada di Indonesia. Skripsi ini bertujuan guna mengetahui faktor apa saja yang memiliki pengaruh pada keputusan pembelian pakaian. Faktor-faktor tersebut dapat diukur dengan menggunakan beberapa variabel, diantaranya adalah Harga, Kualitas Produk, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan. Skripsi ini adalah penelitian dengan menggunakan penelitian survey/wawancara dan data primer dari 130 responden yang berasal dari masyarakat Kabupaten Boyolali yang memiliki usai kerja yaitu 15-64 tahun. Teknik yang digunakan pada penelitian merupakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS 16.0 menjadi analisis hipotesis. Hasil skripsi ini menunjukkan bahwa variabel Harga, Kualitas Produk, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan masing-masing berpengaruh secara positif signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian..

Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Kualitas Pelayanan,  Dan Keputusan Pembelian Pakaian.

JEL Klasifikasi: D40, L15, R30, L84, M31


Full Text:

PDF
rticle

References


Aman, Y. Z., & Masreviastuti. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kripik Sokressh Di Cv. Kajeye Food Malang

Alma, Buchori (2000). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Cetakan Keempat. Alfabeta. Bandung.

Armstrong, K. &. (2010). Principle of Marketing (thirteen). Prentice Hall

Astuti, T. widarsa I.W.G.A.E.P.P.A.S. (2016) Analisis Data Untuk Variabel Outcome Berskala Nominal Dua Kategori (Binary Outcome)

Badan Pusat Statistik (2019). Presentase Pengeluaran Perkapita Sebulan Menurut Kelompok Komoditas di Kabupaten Boyolali.

Baudrilliard, J. (2006). Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana

Blackwell RD, M.P and E.J (1995). Perilaku konsmen (Vol.6). Binarupa Aksara. Channey, David, (2004). Lifestyle Sebuah Pengantar Komprehensif, Jalasutra, Yogyakarta

Chasanah, S. U.(2015). Pemasaran Sosial Kesehatan. Deepublish

Dewi, F., Puji, L. R., & Safitri, U. R. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.

Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Semarang

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempegaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak Usu (PAJUS). Medan

Idris, Fajar. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Di Toko Fajar Sport Kecamatan Pedurungan Kota Semarang.

Keller, K. dan. (2012). Manajemen Pamasaran. Erlangga.

Kotler, Philip., K.K. lane. (2008). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian.Prenhallindo. commit to user

Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktik. Edisi Pertama. Salemba Empat. Jakarta

Naufal, A. R., & Magnadi, R., H. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian

Rahman, D. N. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Persepsi Harga dan lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pemancingan Ngembel Asri Gunung Pati Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Rangkuti, F. (2006). Measuring Costumer Statisfaction. Gramedia Pustaka Utama.

Rares, Angelina & Jorie, J.R. (2015). The Effect of the Price, Promotion, Location, Brand Image, and Quality Products Towards the Purchase Decision of Consumer

Revita, M. L., Frimayasa, A., & Kurniawan, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung

Sadono. (2015). Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Rajawali Pers.

Saifuddin , A. (2000). Reabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar.

Saladin, D. (2008). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Linda Karya

Samuelson, P. A., & Nordhaus, W. D. (2009). Economics nineteenth edition. www.mhhe.com

Samuelson. (2001) Ilmu Makro Ekonomi (Vol. 1). PT Media Edukasi.

Schiffman, L. G. and L.L.K (2000). Consumer Behavior. Prentice Hall Inc.

Selliamanik, Irma. (2018). Kualitas dan harga Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pakaian Merk Mango

Setia, N., & Hendra D. (2019) Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analisis Regresi Linier Berganda

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Alfabeta

Sukrino. (2006). Ekonomi Pembangunan. Proses, Masalah dan Kenijakan. Kencana Prenada Media Group.

Suroto (2000). Strategi Pembangucnoamnmdiat ntoPuesreerncanaan Perencanaan Kesempatan Kerja. Gajah Mada Unversity.

Tambulana, Monita Nur Ftitriani. (2013). Tren Mengkonsumsi Pakaian Bekas Dikalangan Mahasiswa di Yogyakarta

Tasin, Islam. (2018). Factor Affecting Consumer Purchase Behavior Towards Online Clothing Products in Bangladesh

Tjiptono, F., & Chandra G. (2001). Service Quality And Satisfaction. Andi. Yogyakarta

Umboh, S. O., Tumbel, A., & Soepeno, D. (2015). Analisis Kualitas Produk, Barand Image Dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita Di Mississippi Manado Town Square

Wahidmurni, D. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia




DOI: https://doi.org/10.20961/jiep.v21i1.88565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats Free counters!