ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN WANITA MENJADI WIRAUSAHAWAN (STUDI KASUS PENGUSAHA CATERING/MAKANAN DI KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO)
Abstract
Wanita sebagai agen perubahan dan pembangunan sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Data Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia tahun 2015 sebanyak 60% dari 49,9 juta jumlah pengusaha di Indonesia adalah wanita. Meningkatnya jumlah pengusaha wanita ini menjalar dan masuk di setiap kabupaten bahkan pada tingkat kecamatan dalam bentuk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) dan menjadi kekuatan ekonomi yang baru muncul . Pengusaha wanita tumbuh semakin banyak sejalan dengan kebutuhan di lingkungan masyarakat , serta tuntutan pribadi untuk melakukan suatu hal yang bermanfaat dan menghasilkan uang. Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui factor factor yang berpengaruh terhadap keputusan wanita berwirausaha terkhusus UMKM catering atau makanan. Faktor factor tersebut diukur melalui enam variable yaitu : minat , motivasi , social media, pemberdayaan diri , modal, dan peran suami. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer dari 64 responden pengusaha wanita yang berasal dari Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Teknik pencarian data penelitian dengan menggunakan kuesioner. Model ini diuji dengan data dari survei di antara 64 pengusaha wanita di Kecamatan Polokarto Sukoharjo menggunakan Teknik Analisis Faktor. Hasil reduksi dan penamaan factor baru ,mengonfirmasi bahwa faktor dominan utama didominasi oleh dukungan keluarga, minat, dan motivasi. Dukungan keluarga menjadi keputusan utama bagi wanita di Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo untuk menjadi wirausahawan.
Kata Kunci: Pengusaha Wanita, UMKM, Keputusan
JEL Klasifikasi: L26, O12, O16
Full Text:
PDFReferences
Akehurst, G., Simarro, E., & Tur, A. M. (n.d.). Women entrepreneurship in small service firms : motivations , barriers and performance. (December 2014), 37–41. https://doi.org/10.1080/02642069.2012.677834
Alia, N., Halim, A., & Abdul, N. (2014). Communication Strategies of Women Leaders in Entrepreneurship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 118, 21–28. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.003
Alonso, N., & Trillo, D. (2014). " Women , rural environment and entrepreneurship ". Procedia - Social and Behavioral Sciences, 161, 149–155. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.039
García-palma, M. B., & Molina, M. I. S. (2015). Knowledge and female entrepreneurship : A competence and social dimension. Suma de Negocios, 7(15), 32–37. https://doi.org/10.1016/j.sumneg.2015.12.005
Hashim, F., Abdul, N., & Amir, Z. (2011). Empowering rural women entrepreneurs with ict skills : an impact study of 1nita project in Malaysia. Procedia - Social and Behavior Sciences, 15, 3779–3783. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.373
Ismail, V. Y. (2014). The Comparison of Entrepreneurial Competency in Woman Micro- , Small- , and Medium-scale Entrepreneurs. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 115 (Iicies 2013), 175–187. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.426
Lee, W. (2017). Social Capital as a Source of Business Advantages for a Woman Entrepreneur in the Context to oufser Small-Size Business. 11(12). https://doi.org/10.5539/ass.v11n12p155
Maria, V., & Nassif, J. (2016). Critical incidents among women entrepreneurs: Personal and professional issues. Revista de Administração, 51(2), 212–224. https://doi.org/10.5700/rausp1235
Minniti, M. (2010). Female entrepreneurship and economic activity. European Journal of Development Research, 22(3), 294–312. https://doi.org/10.1057/ejdr.2010.18
Nasir, M., Iqbal, R., & Akhtar, C. S. (2019). Faktors Affecting Growth of Women Entrepreneurs in Pakistan. Pakistan Administrative Review, 3(1), 35–50.
Ramadani, V. (2015). The Woman Entrepreneur in Albania: An Exploratory Study on Motivation , Problems and Success Faktors. 17(2), 204–221.
Shastri, D., & Rao, P. U. T. (2014). Women Entrepreneurs of Gujarat. Procedia Economics and Finance, 11(14), 745–752. https://doi.org/10.1016/S2212- 5671(14)00238-X
Suárez-ortega, M., & Gálvez-garcía, R. (2017). Motivations and decisive faktors in women ’ s entrepreneurship . A gender perspective in education and professional guidance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237(June 2016), 1265–1271. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.208
Zeb, A., & Ihsan, A. (2020). Women’s Studies International Forum Innovation and the entrepreneurial performance in women-owned small and medium- sized enterprises in Pakistan. Women’s Studies International Forum, 79(January), 102342. https://doi.org/10.1016/j.wsif.2020.102342.
Refbacks
- There are currently no refbacks.