PREFERENSI MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE INDONESIAN STANDARD (QRIS) SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN DIGITAL

Kuni Fiatus Solihah Amalina, Ariyanto Adhi Nugroho

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh perceived ease of use, perceived trust, dan perceived enjoyment terhadap behavioral intention pada aplikasi uang elektronik berbasis QRIS sebagai alat pembayaran digital. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa aktif di Universitas di Kota Surakarta yang menggunakan aplikasi uang elektronik berbasis QRIS. Pengumpulan data menggunakan kusioner dengan teknik sampel kuota sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan teknik analaisis regresi linier berganda dengan bantuan program IBM SPSS 28.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel bebas memiliki kontribusi sebesar 86,8% terhadap variabel terikat, sisanya 13,2% dijelaskan oleh variabel lainn diluar model penelitian. Hasil uji-t menunjukkan bahwa keseluruhan variabel bebas secara terpisah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap behavioral intention pada aplikasi uang elektronik berbasis QRIS sebagai alat pembayaran digital. Hasil dari uji ANOVA, f-hitung diperoleh sebesar  218,266 > f-tabel (2,70), hal itu menjelaskan bahwa variabel bebas secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap behavioral intention pada aplikasi uang elektronik berbasis QRIS sebagai alat pembayaran digital.

Kata Kunci: Preferensi, Presepsi, Uang elektronik QRIS, Alat Pembayaran Digital

JEL Klasifikasi: D11, D91, E42


Full Text:

PDF
rticle

References


Al-Gahtani, S. S., & King, M. (1999). Attitudes, satisfaction and usage: factors contributing to each in the acceptance of information technology. Behaviour & Information Technology, 18(4), 277-297.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS quarterly, 319-340.

Hansen, J. M., Saridakis, G., & Benson, V. (2018). Risk, trust, and the interactio of perceived ease of use and behavioral control in predicting consumers’ use of social media for transactions. Computers in Human Behavior, 80, 197206.

Hutami A, N., Endang Maskan, S., & Bida, S. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik Berbasis Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) Di Kalangan Mahasiswa Upi Yai. Journal IKRAITH IV, 2.

Ismail, H. A. (2016). Intention to use smartphone through perceived compatibility, perceived usefulness, and perceived ease of use. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 7(1), 1-10.

Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-jurnal Akuntansi, 27(2), 927-953.

Saputri, O. B. (2020). Preferensi konsumen dalam menggunakan quick response code indonesia standard (qris) sebagai alat pembayaran digital. KINERJA, 17(2), 237-247.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Teo, T., & Noyes, J. (201). An assessment of the influence of perceived enjoyment and attitude on the intention to use technology among pre-service teachers: A structural equation modeling approach. Computers & education, 57(2), 1645-1653.

Wang, Z., & Li, H. (2016). Factors Influencing Usage of Third Party Mobile Payment Services in China: An Empirical Study




DOI: https://doi.org/10.20961/jiep.v21i1.88559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats Free counters!