STRATEGI DAN BENTUK PERUBAHAN SOSIAL PARA PELAKU UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19

Muhammad Zaki Putra

Abstract

The Covid-19 pandemic that hit has had an extraordinary impact on society, one of the impacts felt by the people of Indonesia is the restriction of community activities which has an impact on almost all sectors of life, as well as Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM), in the framework of This can be seen from the problem in this research, namely how to survive the UMKM strategy and the social changes that occur, can show that the UMKM survival strategy in the midst of the Covid-19 pandemic outbreak is by updating and utilizing and applying e-commerce marketing, digital marketing, improving the quantity and quality of products and services. Related to that, this study aims to find out the strategies used by UMKM actors so that they can survive amidst pandemic conditions and adjust to existing social changes and analyze and describe the relationships that occur between strategy and social change during the Covid-19 pandemic. The study was conducted on UMKM actors in Pasar Senen. This research used a descriptive qualitative approach with observation, interview and document study methods, research procedures that produced descriptive data in the form of written or spoken words from the people and the observed behavior. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. Data analysis used qualitative analysis techniques. The research was analyzed based on the perspective of knowledge and human interest and The Theory of Communications action by Jurgen Habermas. The results of the study show that to survive during the pandemic, UMKM have a strategy, UMKM in Pasar Senen have prepared a strategy to keep their business afloat, namely by marketing through social media such as Facebook, Instagram, WhatsApp and online shops. The interaction that occurs with UMKM actors is very much needed to support the social changes that have occurred as a result of the epidemic that has hit.

Keywords : Survival Strategy, Social Change, UMKM, Covid-19.

 

Abstrak

Pandemi Wabah Covid-19 yang melanda memberikan dampak yang sangat luar biasa bagi masyarakat,salah satu dampak yang dirasakan oleh masyarakat indonesia adalah pembatasan aktivitas masyarakat yang berdampak kepada hampir semua sektor kehidupan, begitu juga dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pada kerangka ini dapat dilihat permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi bertahan Para UMKM  dan perubahan sosial yang terjadi ini bisa menunjukkan bahwa strategi bertahan para pelaku UMKM di tengah kondisi Wabah pandemi Covid-19 ini adalah dengan cara mengupdate serta memanfaatkan dan mengaplikasi pemasaran e-commerce, digital marketing, memperbaiki kuantitas dan kualitas produk serta pelayanan. Terkait denga itu, pada studi ini bertujuan  untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh pelaku UMKM sehinga dapat bertahan di tengah kondisi pandemi dan menyesuaikan perubahan sosial yang ada serta menganalisa dan  mendeskripsikan relasi yang terjadi antara strategi dan perubahan sosial pada masa pandemi covid-19. Studi dilakukan terhadap para pelaku umkm di pasar senen,penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen,prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Penelitian dianalisis berdasarkan perspektif knowledge and human interest  dan  The Theory of Communications action Jurgen Habermas. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk bertahan di masa pandemi Pelaku UMKM memiliki strategi, para pelaku UMKM yang berada di pasar senen menyiapkan strategi agar usahnya tetap bertahan, yaitu dengan melakukan pemasaran melalui media sosial seperti facebook, instragram, dan whatsapp serta online shop. Interaksi yang terjadi pada para pelaku UMKM adalah hal yang sangat di perlukan untuk mendukung  perubahan sosial yang terjadi akibat wabah yang melanda.

Kata Kunci: Strategi Bertahan, Perubahan Sosial, UMKM, Covid-19.

Full Text:

PDF

References

Amri, A. (2020). Dampak covid-19 terhadap umkm di indonesia. Jurnal brand, 2(1), 123–130.

Andayana MND. Perubahan Prilaku Konsumen Dan Eksistensi Umkm Di Era Pandemi Covid-19. Glory J Ekon Ilmu Sos. 2020;2(2):39-50. http://ejurnal.undana.ac.id/glory/article/view/3372

Aryansyah JE, Mirani D, Martina. Strategi Bertahan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sektor Kuliner di Masa Pandemi Covid-19. Semnas AVoER XII 2020 Palembang. 2020;(November):323-329.

Bolton R. Habermas ’ S Theory of Communicative Action and the Theory of Social Capital. Assoc Am Geogr. 2005;1(3):1-39. http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:HABERMAS’S+THEORY+OF+COMMUNICATIVE+ACTION+AND+THE+THEORY+OF+SOCIAL+CAPITAL#0.

Cholilawati, Suliyanthini D. Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi Covid-19. Equilib J Pendidik. 2020;9(April 2020):18-24. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/index.

Dedi Purwana ES,Rahmi, Shandy A, 2017, “ Pemanfaatan digital marketing Bagi usah mikro, kecil, dan menengah, (UMKM) Di kelurahan malaka sari, duren sawit “. JPMM, Vol.1, No.1,, Hal 1-17.

Ekarina, 2020, “ Pandemi ubah Perilaku belanja: Non-pangan E-Commerce naik, Malanjlok “,Available at: https://katadata.co.id/ekarina/berita/5f7efb f709045/pandemi-ubah-perilaku-belanja-

Hanifah N, Rahadi DR. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memutuskan Pembelian Secara Online pada Masa Pandemi COVID-19. J Manaj dan Keuang. 2020;7(November):112-122. https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/5490.

Hardilawati WL, “ Strategi Bertahan UMKM Di tengah Pandemi Covid-19”, jurnal akuntansi dan ekonomika, Vol 10. No.1, Juni 2020, hal 94.

Ichsan RN, Yusuf M. Strategi Bisnis Umkm Selama Pandemi Covid-19. 2021;6(2).

Imam Pamungkas Walton, Nurmandi A. Strategi Bertahan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19. GOVERNABILITAS (Jurnal Ilmu Pemerintah Semesta). 2021;2(2):154-168. doi:10.47431/governabilitas.v2i2.117.

Indah Andayani, MV Roesmniningsih WY. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa. Published online 2021. http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/20221.

Jiang Z, Lyu P, Ye L, Zhou Y wenqian. Green innovation transformation, economic sustainability and energy consumption during China’s new normal stage. J Clean Prod. 2020;273:123044. doi:10.1016/j.jclepro.2020.123044.

Jurnalisme data, 2020, “ Digitalisasi , strategi UMKM selamat dari krisis “, Available at: https://katadata.co.id/0/analisisdata/5f03cf 11e0198/digitalisasi-strategi-umkm- selamat-dari-krisis.

Kalam A, Hossain A, Jahan N, Kim M. New Normal and Business Sustainability in the Age of Global pandemic. Inst Manag Econ Res. 2021;12(1):71-86. doi:10.32599/apjb.12.1.202103.71.

Lukes S, Habermas J. Knowledge and Human Interests. Vol 23.; 1972. doi:10.2307/588338.

Mansir F dan HP. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkeru. 2021;1(1):39-50.

Mantra, Ida Bagoes. 2014. Demografi Umum. Pustaka Pelajar. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Marsono,dkk.2018.Dampak Pariwisata Religi Kawasan Masjid Sunan Kudus terhadap Ekonomi,Lingkungan dan Sosial Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Marius JA. Nalitik perubahan sosial. Penyuluhan. 2006;2(2):1-8.

Muharto.2016.Fitrahlogi:Pendekatan Terpadu Menembus Akar Perdamaian dan Konflik Sosial.Yogyakarta:Deepublish.

Munir, R.2014.Aspek Demografi Tenaga Kerja.Jakarta:Akademik Pressindo.

Murdiyatmoko, Juna.2007. Sosiologi Memahami dan Mengkaji Masyarakat.Bandung:Grafindo Meida Pratama.

Nurjayanti,Siti.2013. Peran Paguyuban Sangkan Paraning Dumadi Terhadap Perubahan Perilaku Ekonomi Komunitas Samin (Studi Kasus Di Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora).

Pada S, Yang UKM, Pada T, Koperasi D. STRATEGI BERTAHAN BISNIS DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DENGAN MEMANFAATKAN BISNIS DIGITAL USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN TABALONG ) Shinta Avriyanti Kata Kunci : Bisnis digital , E-commerce , UMKM digital , Teknologi Informasi ., Covid-19 ANALYZE THE BUS. 2021;5(1):60-74. doi:10.35722/pubbis.v5i1.380.

Raharja SJ, Natari SU. Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula J Pengabdi Kpd Masy. 2021;4(1):108. doi:10.24198/kumawula.v4i1.32361.

Rosyada M, Wigiawati A. Strategi Survival Umkm Batik Tulis Pekalongan Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada “Batik Pesisir” Pekalongan). J Bisnis Dan Kaji Strateg Manaj. 2020;4(2):189-214. doi:10.35308/jbkan.v4i2.2424.

Ristyawati, A. (2020). Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945. Administrative Law and Governance Journal, 3(2), 240–249. https://doi.org/10.14710/alj.v3i2.240-249.

Santika ZD, Maulana MA. Penurunan Pendapatan UMKM Akibat Covid-19 PENDAHULUAN Covid-19 kini menjadi masalah internasional yang berdampak negaif bagi kehidupan manusia dan sampai saat ini masih ditangani dengan sangat serius . Setiap sektor kehidupan manusia terganggu , tak terke. Pros Semin Nas Penal dan Penelit Nusant. 2020;1:150-159.

Santosa, Slamet.2017.Dinamika Kelompok.Jakarta:Bumi Aksara.

Sarwono, Jonathan.2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Satori, Djam’an. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, “Sebanyak 37.000 UMKM terdampak virus corona”. Available at :https://money.kompas.com/read/2020/04/17/051200426/sebanyak-37.000-umkm- terdampak-virus-corona.

Sindung Tjahyadi. Teori Kritis Jurgen Habermas: Asumsi-Asumsi Dasar Menuju Metodologi Kritik Sosial. J Filsafat. 2003;34(2):180-197. https://www.academia.edu/27678334/TEORI_KRITIS_JÜRGEN_HABERMAS_Asumsi_Asumsi_Dasar_M_enuju_Metodologi_Kritis_Sosial_Sindung_Tjahyadi_JURNAL?bulkDownload=thisPaper-topRelated-sameAuthor-citingThis-citedByThis-secondOrderCitations&from=cover_page.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:CV. Alfabeta.

Susanti A, Istiyanto B, Jalari M. Strategi UKM pada Masa Pandemi Covid-19 (SMEs Strategy at Covid-19 Pandemic). Karya Ilm Pengadian Masy (KANGMAS)-Neolectura. 2020;1(2):67-74. https://journal.neolectura.com/index.php/Kangmas/article/view/50/36.

Susanto AP, Findyartini A, Taher A, et al. COVID-19 in Indonesia: Challenges and Multidisciplinary Perspectives for a Safe and Productive New Normal. Acta Med Indones. 2020;52(4):423-430.

Suparyanto dan Rosad (2015. hubungan antara interaksi. Suparyanto dan Rosad (2015. 2020;5(3):248-253.

Supriyani N, Untari D. Strategi Dan Pemanfaatan Media Sosial Usaha Kecil Dan Menegah (Umkm) Bertahan Di Tengah Pandemi Covid-19. Ekono Insentif. 2021;15(1):1-9. doi:10.36787/jei.v15i1.419.

Tobing MM. Jurgen Habermas dan Ruang Publik di IndonesiaJurgen Habermas dan Ruang Publik di Indonesia”. J FISIP Univ Kristen Indones. Published online 2017:1-32. http://repository.uki.ac.id/.

Utami KS. Penguatan Strategi Pemasaran UMKM di masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Pelaku Usaha Tenun di Kabupaten Kulon Progo. J Maksipreneur Manajemen, Koperasi, dan Entrep. 2022;11(2):284. doi:10.30588/jmp.v11i2.879.

Yusanto Y. Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. J Sci Commun. 2020;1(1):1-13. doi:10.31506/jsc.v1i1.7764.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.