STRUKTURAL FUNGSIONAL SISTEM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
The Covid-19 pandemic has brought about changes in various aspects of people's lives, one of which is education. Previously, the learning system carried out face-to-face at schools or campuses had to be changed to virtual meetings at home since the Covid-19 pandemic. This is done so that the learning process continues. Based on this phenomenon, this study aims to examine the learning system during the Covid-19 pandemic according to Talcott Parsons' structural-functional perspective. The research uses qualitative research with a literature study approach. The results of the study show that changes in the learning system during the pandemic are reviewed with Talcott Parsons' functional structural theory through the AGIL function, namely: (1) Adaptation, the learning system that was originally carried out face-to-face is transferred at home via online or virtual meetings. (2) Goal Attainment, an online learning system is implemented so that teaching and learning activities can be carried out so that students and students still get their right to obtain education and develop their potential even during the Covid-19 pandemic. (3) Integration, the government, namely the Ministry of Education and Culture, and the school or campus must cooperate by making a policy that can help students and students in online learning. One of the policies made is internet quota assistance for students throughout Indonesia. (4) Latency, students and students must maintain the values of discipline even though the learning process is not carried out in schools or campuses.
Keywords: Education, Covid-19 pandemic, change, learning system
Abstrak
Pandemi Covid-19 membawa dampak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat salah satunya aspek pendidikan. Sebelumnya, sistem pembelajaran dilakukan secara tatap muka di sekolah atau kampus harus diubah menjadi virtual meeting di rumah semenjak adanya pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan agar proses pembelajaran tetap terlaksana. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sistem pembelajaran di masa pandemi Covid-19 menurut perspektif struktural fungsional Talcott Parsons. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian menujukkan bahwa perubahan sistem pembelajaran di masa pandemi ditinjau dengan teori struktural fungsional Talcott Parsons melalui fungsi AGIL yaitu: (1) Adaptation, sistem pembelajaran yang semula dilakukan secara bertatap muka dialihkan di rumah secara daring atau virtual meeting. (2) Goal Attainment, sitem pembelajaran daring diterapkan agar aktivitas belajar-mengajar dapat terlaksana sehingga siswa-siswi dan mahasiswa tetap mendapatkan hak nya untuk memperoleh pendidikan dan mengembangkan potensi mereka meskipun di masa pandemi Covid-19. (3) Integration, pemerintah yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan pihak sekolah atau kampus harus bekerjasama dengan membuat suatu kebijakan yang dapat membantu siswa-siswi dan mahasiswa dalam pembelajaran daring. Salah satu kebijakan yang dibuat adalah bantuan kuota internet untuk mahasiswa di seluruh Indonesia. (4) Latency, para siswa dan mahasiswa harus mempertahankan nilai-nilai kedisiplinan meskipun proses pembelajaran tidak dilaksanakan di sekolah atau kampus.
Kata Kunci: Pendidikan, pandemi Covid-19, perubahan, sistem pembelajaranFull Text:
PDFReferences
Anshori, Isa. 2009. Perencanaan Sistem Pembelajaran. Sidoarjo: Muhammadiyah University Press.
Argaheni, N. Bayu. 2020. “Sistematika Review : Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia”. Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya 8(2) : 99-108.
Cahyani, A., Listiana, I. D., dan Larasati, S. P. D. 2020. “Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19”. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam 3(01) : 123-140.
El Widad, Z., dan Abu Bakar, M. Y. 2021. “Wajah Baru pendidikan Indonesia di Masa Pandemi dan Analisis Problematika Kebijakan Pendidikan di tengah Pandemi”. MAPPESONA Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam 3(1) : 1-12.
Fathurahman, Nandang. 2020. Inovasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. November 2020. Banten : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Handarini, Okatifa Ika & Wulandari, S. 2020. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran 8 (3) : 496-503.
Hidayah, Novi F. 2021. Perubahan Sosial : Tradisi Ganjuran Perspektif Teori AGIL Talcott Parsons. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2021)
Sulistiyowati, A., & Nasution, K. 2022. “Upaya Penanaman Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Telaah Pendekatan Struktural Fungsional Talcott Parsons”. Jurnal Papeda : Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4(1) : 24-33.
Jhonson, Doyle Paul. 1986. Sociological Theory Classical Founders and Contemporary Perspectives. University of South Florida. Tampa. Terjemahan Robert M.Z. Lawang. 1994. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jilid 2. PT Gramedia. Jakarta.
Kemdikbud. 2020. Kemendikbud Gandeng Swasta Siapkan Sistem Pembelajaran Daring. 30 November 2021. (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-gandeng-swasta-siapkan-sistem-belajar-daring).
Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 36962/MPK/HK/2020 Tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Desease (COVID-19). 30 November 2021 (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk mencegah-penyebaran-covid19)
Maimunah, M. 2016. “Metode Penggunaan Media Pembelajaran”. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban 5(1) : 1-24. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107.
Maksum, A., & Fitria, H. 2021. Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan di Masa Pandemi. 15-16 Januari 2021. (pp. 121-127). Palembang : Universitas PGRI Palembang.
Mustofa M. I, Chodzirin, M., Sayekti, L., dan Fauzan, R. 2019. “Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi”. Walisongo Journal of Informastion Technology 1(2) : 151-160.
Pakpahan, R., & Fitriani Y. 2020. “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19”. JISAMAR: Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research 4(2) :30–36.
Prasetya, A., Nurdin M. F., dan Gunawan, W. 2021. “Perubahan Sosial Masyarakat Dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal”. Sosietas : Jurnal Pendidikan Sosiologi 11(1) : 929-939.
Ritzer, George. 2014. Teori Sosiologi Modern. Jakarta : Kencana.
Rohati, E., Anshori, I., dan Hazin, M. 2021. “Online Learning During the Covid-19 Pandemic From The Perspective of Parsons’s Structural Functional Theory”. AJME : Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education 2(1) : 38-48.
Soekanto, Soerjono & Budi Sulityowati. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Press.
Strauss, Anselm & Juiet Corbin. 2009. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sunarto, Kamanto. 1993. Pengantar Sosiologi. Yogyakarta :Yayasan Obor Indonesia.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Kekarantinaan Kesehatan. 7 Agustus 2018. Jakarta.
Wirawan, I.B. 2012. Teori-teori Sosial Dalam Tiga Paradigma. Jakarta : Prenamedia Grup.
Wulandari, A., dan Agustika, G. N. S. 2020. “Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19”. Mimbar PGSD Undiksha 8(3) : 515-526.
Violla, R., dan Fernandes, R. 2021. “Efektivitas Media Pembelajaran E-Booklet Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi”. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran 3(1) :13-23. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v3i1.144.
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenada Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.