STRATEGI KAMPANYE DALAM JARINGAN PASANGAN CALON WALI KOTA SOLO DI MASA PANDEMI COVID-19

Qurnia Indah Permata Sari

Abstract

This study discusses the Virtual Campaign conducted by the spouses of Solo Mayoral candidates who will contest the 2020 Regional Head Elections. Virtual campaigns are used as candidates' partner strategies to attract voters in constituencies without descending directly onto the field and avoiding crowds. This study uses review literature as a research method. This study analyses political campaigns conducted by Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa in attracting voters during the Covid-19 pandemic. The study found that a Virtual Campaign is an effective strategy for candidates' spouses to attract voters. The strategy used by the candidate's spouse is the use of a Campaign Box in which there is a screen connected to the internet. This screen works so that the candidate's spouse can interact directly with the prospective constituent. The Existence of Campaign Box makes Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa can greet citizens one by one, present the vision and mission directly to prospective constituents and listen to the community's aspirations directly. This research uses the theory of political communion and theory of capital boerdieu. This study's practical implications encourage the use of Virtual Campaign as an innovation to attract voters during the Covid-19 Pandemic.

 

Keywords: Virtual Campaign, Political Strategy, Covid-19.

 

Abstrak

Studi ini membahas tentang kampanye dalam jaringan yang dilakukan oleh pasangan calon Walikota Solo yang akan berkontestasi pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020. Kampanye dalam jaringan digunakan sebagai strategi pasangan calon untuk menjaring pemilih pada daerah pemilihan tanpa turun langsung ke lapangan dan menghindari kerumunan massa. Studi ini menggunakan literatur review sebagai metode penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kampanye politik yang dilakukan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dalam menjaring pemilih selama masa pandemi Covid-19. Studi ini menemukan bahwa kampanye dalam jaringan merupakan strategi efektif bagi pasangan calon untuk menjaring pemilih. Strategi yang digunakan oleh pasangan calon adalah penggunaan kampanye Box yang didalamnya terdapat layar yang tersambung dengan internet. Layar ini berfungsi agar pasangan calon dapat berinteraksi langsung dengan calon konstituen. Adanya Kampanye Box membuat Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dapat menyapa warga satu per satu, memaparkan visi dan misi secara langsung kepada calon konstituen serta mendengarkan aspirasi masyarakat secara langsung. Penelitian ini menggunakan teori komunukasi politik dan teori Modal Boerdieu. Implikasi praktis dari studi ini mendorong pemanfaatan Virtual Campaign sebagai inovasi baru menjaring pemilih pada masa Pandemi Covid-19.

 

Kata Kunci: Virtual Campaign, Strategi Politik, Covid-19

Full Text:

PDF

References

Bang, Henrik P. 2009. “‘Yes We Can’: Identity Politics and Project Politics for a Late-Modern World.” Urban Research & Practice 2(2):117–37. doi: 10.1080/17535060902979022.

Benoit, William L., and Pamela J. Benoit. n.d. “Virtual Campaign-Part of Rogue Scholars Roundtable IV.” Tersedia di http://www.roguecom.com/roguescholar/benoit.html. Diakses pada 3 November 2020.

Henry Subiakto, and Rachmah Ida. 2015. Komunikasi Politik, Media, Dan Demokrasi. Jakarta: Kencana.

Nasution, K, Zulkarimein. 1990. Komunikasi Politik Suatu Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pawito. 2009. Komunikasi Politik: Media Massa Dan Kampanye Pemilihan. Jalasutra.

Pureklolon. 2016. Komunikasi Politik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Petty & Cacioppo.1996. Attitudes and Persuasion: classic and contemporary approaches. US: Westview Press

Ginting, Harpindo Syah Putra Hilarion. 2019. Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata: Analisis Habitus Dan Modal Dalam Arena Pendidikan Menurut Perspektif Pierre Bourdieu. Sintesis 13(1):47–56.

Hakim, Fatwa Nurul. 2016. Modal Simbolik Dalam Strategi Membangun Kepercayaan Pelaku Onlineshop. Jurnal Natapraja: Kajian Ilmu Administrasi Negara 4(1). 81-90

Hidayat, Intan. 2020. Mengenal Gibran Rakabuming Raka, Anak Pertama Presiden Jokowi Yang Jadi Lulusan Kampus Singapura - Sinar Jateng. Tersedia di https://sinarjateng.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1001145006/mengenal-gibran-rakabuming-raka-anak-pertama-presiden-jokowi-yang-jadi-lulusan-kampus-singapura). Diakses 5 Januari 2021

Isnanto, Bayu Ardi. 2020. Habis Rp 3,2 M, Duit Kampanye Gibran 20 Kali Lipat Dibanding Bajo. detiknews. Tersedia di : https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5286594/habis-rp-32-m-duit-kampanye-gibran-20-kali-lipat-dibanding-bajo). Diakses 5 Januari 2021

Naredia, Shubuha Pilar. 2020. Produksi Kultural Kampung Seni (Kajian Sosiologi Dengan Pendekatan Teori Pierre Bourdieu). Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Putri, Indah Adi. 2018. “Jaringan Kekerabatan Matrilineal Sebagai Modal Sosial Perempuan Caleg Dalam Pemilu 2014.” Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya 19(2):167–78.

Rosana, Fransisca. 2020. “Gurita Bisnis Kuliner Gibran Dan Miliaran Investasi Di Sekitarnya - Bisnis Tempo.Co.” Tersedia di (https://bisnis.tempo.co/read/1413252/gurita-bisnis-kuliner-gibran-dan-miliaran-investasi-di-sekitarnya?page_num=3). Diakses 5 Januari 2021

Surbakti, Ramlan, and Bagong Suyanto. 2010. Anatomi Dan Perkembangan Teori Sosial. Malang: Aditya Media Publishing.

Wati, Kartika Sunu. 2015. “Modal Dalam Praktik Sosial Arisan Sosialita (Studi Fenomenologi Terhadap Dua Kelompok Arisan Sosialita Di Malang Dan Jakarta).” Jurnal Mahasiswa Sosiologi 2(5). 1-27

Wibowo, Eko Ari. 2020. Biaya Kampanye Gibran Habis Rp 3,2 Miliar, Rivalnya Bagyo Cuma Rp 110 Juta. Tempo. Tersedia di https://nasional.tempo.co/read/1412419/biaya-kampanye-gibran-habis-rp-32-miliar-rivalnya-bagyo-cuma-rp-110-juta). diakses 14 November 2020

Pikiran Rakyat. 2020. Kampanye Blusukan ala Gibran Rakabuming Raka Dipuji Ganjar Pranowo, ‘Kita Lihat Inovasi Paslon Lain’ - Pikiran-Rakyat.com. Tersedia di https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-01777087/kampanye- blusukan-ala-gibran-rakabuming-raka-dipuji-ganjar-pranowo-kita-lihat-inovasi-paslon- lain. diakses 14 November 2020

Pikiran Rakyat Cirebon. 2020. Inovasi Kampanye Virtual Gibran Dipertanyakan, Pengamat: Lebih Banyak Aspirasi, Tapi Desa Efektif ? - Pikiran Rakyat Cirebon. Tersedia di https://cirebon.pikiran-rakyat.com/nasional/pr- 04778713/inovasi-kampanye-virtual-gibran-dipertanyakan-pengamat-lebih-banyak- aspirasi-tapi-desa-efektif. diakses 14 November 2020

Sumarsono, S., A. Susarso, and H. Mansyur. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tribun Pontianak. 2006. Daftar Lengkap 270 Pilkada Serentak 2020 Seluruh Indonesia, 7 Kabupaten di Kalbar. Tribun Pontianak. Diunduh November 3, 2020 tersedia di https://pontianak.tribunnews.com/2019/06/23/daftar-lengkap-270-pilkada- serentak-2020-seluruh-indonesia-7-kabupaten-di-kalbar. diakses 14 November 2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.