KONSTRUKSI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP LABELLING HALAL PADA PRODUK KOSMETIK (STUDI FENOMENOLOGI PENGGUNAAN KOSMETIK HALAL DI KALANGAN MAHASISWI DI KOTA MALANG
Abstract
The role of the hijrah movement has implications for the manufacture of cosmetic products that are labeled halal. This study aims to determine the social construction of Muslim consumers on halal labeled cosmetic products. The theory used is Peter L. Berger's social construction theory which contains three stages of construction namely internalization, objectification, and externalization. The method in this research is to use a qualitative method with a phenomenological approach. The findings of this research are that the halal label found on cosmetic products is only considered as a sedative and has its own 'plus value' for consumers and halal labeling becomes a symbolic representation of Islam. An externalization process took place in the form of consumer implications considering cosmetic products labeled as halal as a form of symbolic representation of Islam. The objectification process was marked by changes in behavior that were more selective in using cosmetic products (the halal label listed in cosmetics was preferred), the internalization process with the influence of environmental factors (friends of informants) who use cosmetic products labeled as halal so that it affects consumers' decisions to buy cosmetics products that are labeled as halal.
Keywords: Islam; Commodity; Halal; Construction.
Abstrak
Peran gerakan hijrah berimplikasi pada pembuatan produk kosmetik yang diberi label halal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui konstruksi sosial konsumen muslim terhadap produk kosmetik berlabel halal. Teori yang digunakan adalah teori konstruksi sosial miliki Peter L. Berger yang memuat tiga tahapan konstruksi yaitu internalisasi, objektifikasi, dan eksternalisasi. Metode di dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun hasil temuan dari penelitian ini adalah label halal yang ditemukan pada produk kosmetik hanya dianggap sebagai penenang dan memiliki ‘nilai plus’ tersendiri bagi konsumen serta labelling halal menjadi sebuah representasi simbolik Islam. Terjadi proses eksternalisasi berupa implikasi konsumen mempertimbangkan produk kosmetik berlabel halal sebagai bentuk representasi simbolik Islam, Proses objektifikasi ditandai dengan perubahan perilaku yang lebih selektif lagi dalam menggunakan produk kosmetik (label halal yang tercantum dalam kosmetik lebih diutamakan), Proses internalisasi dengan adanya faktor pengaruh dari lingkungan (teman-teman informan) yang menggunakan produk kosmetik berlabel halal sehingga mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk kosmetik berlabel halal.
Kata kunci : Islam; Komoditas; Halal; Konstruksi.
Full Text:
PDFReferences
Alfian, Ian. Analisis Pengaruh Label Halal, Brand, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Kota Medan. Dari Jurnal UIN Sunan Ampel, (Online), (https://jurnal.uinsu.ac.id), diakses 10 Oktober 2019.
Addian, Andini. 2019. Fenomena Gerakan Hijrah di Kalangan Pemuda Muslim sebagai Mode Sosial. Dari Jurnal Unusa, (Online), (https://journal2.unusa.ac.id/index.php/JIC/article/view/1313/955), diakses 26 Februari 2020.
Bulan, T. P. L. 2016. Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 431-439. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/49
BPS Kota Malang. 2019. Presentase Penduduk Kota Malang Menurut Jenis Kelamin 2010-2020. Dari BPS Kota Malang, (Online), (https://malangkota.bps.go.id/), diakses 6 Oktober 2019.
Budy, Viva. 2019. Indonesia, Negara dengan Penduduk Muslim Terbesar Dunia. Dari Katadata, (Online), (https://databoks.katadata.co.id/), diakses 5 Oktober 2019.
Cahyono, Afiq Dwi. 2016. Urgensi Penerapan Sertifikasi Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) terhadap Produk UMKM (Studi Kasus Kota Mataram). Dari Jurnal Unram, (Online), (http://eprints.unram.ac.id/9421/1/jurnal%20 ilmiah.pdf) , diakses 25 Februari 2020.
Fajriani, Suci. 2019. Hijrah Islami Milenial Berdasarkan Paradigma Berorientasi Identitas. Dari Jurnal Unpad (Online), (http://jurnal.unpad.ac.id/), diakses 5 Oktober 2019.
Ritzer, George. 2017. Teori Sosiologi: Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Bantul: Kreasi Wacana.
Ibrohim, B. 2016. Memaknai Momentum Hijrah. Dari Jurnal UIN Banten, (Online), (https://www.google.com/), diakses 6 Oktober 2019.
Ilyas, Musyfikah. 2018. Sertifikasi dan Labelisasi Halal Perspektif Maslahat. Dari Jurnal UIN Alauddin Makasar, (Online), (http://journal.uin- alauddin.ac.id/), diakses 6 Oktober 2019.
Izzudin, Ahmad. 2018. Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, dan Bahan Makanan terhadap Minat Beli Makanan Kuliner. Dari Jurnal Unmuh Jember, (Online), (http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/ PENELITIAN_IPTEKS/ article/view/1886), diakses 25 Februari 2020.
KBBI. 2012-2019. Arti Kata Representasi. Dari KBBI, (Online), (https://kbbi.web.id/representasi), diakses 22 Oktober 2019.
Khomariyah, Nurul. 2016. Pengaruh Kesadaran Halal, Islamic Branding, dan Product Ingredients Terhadap Minat Beli Produk Luwak White Coffee (Studi Pada Masyarakat Desa Putatsewu, Jatitengah, Sukodono, Sragen). Dari Jurnal IAIN Surakarta, (Online), (http://eprints.iain-surakarta.ac.id/), diakses 6 Oktober 2019.
Moleong, J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Muhammad. 2009. Label Halal dan Spiritualitas Bisnis Interpretasi atas Bisnis Home Industry. Dari Jurnal UMM, (Online), (http://ejournal.umm.ac.id/index.php/salam/article/view/446),diakses 25 Februari 2020.
Muslimah, Siti. 2017. Label Halal Pada Produk Pangan Kemasan dalam Perspektif Perlindungan Konsumen Muslim. Dari Jurnal UNS, (Online), (https://jurnal.uns.ac.id/yustisia/article/view/10630/9508), diakses 25 Februari 2020.
Nugraha, Ranu. 2017. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Muslim Konsumen Mie Samyang yang Berlogo Halal Korean Muslim Federation di Kota Malang). Dari Jurnal UB, (Online), (http://administrasibisnis. studentjournal.ub.ac.id/), diakses 6 Oktober 2019.
Nofri, Okta. 2018. Analisis Perilaku Konsumen dalam Melakukan Online Shopping di Kota Makassar. Dari Jurnal UIN Alauddin Makassar, (Online), (www.journal.uin-alauddin.ac.id), diakses 10 Oktober 2019.
Poloma, Margaret. 2010. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Prasojo, M. Nur. 2015. Konstruksi Sosial Masyarakat Terhadap Alam Gunung Merapi. Dari Jurnal Analisa Sosiologi UNS, (Online), (https://jurnal.uns.ac.id), diakses 5 Desember 2019.
Putri, Tengku. 2016. Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang Dari Jurnal Universitas Samudra, (Online), (www.ejurnalunsam.ac.id), diakses 6 Oktober 2019.
Ratri, Nurlayla. 2019. BPS: Kota Malang Saat Ini Sama dengan Jakarta Lima Tahun Lalu. Dari Malangtimes.com, (Online), (https://www.malangtimes.com/), diakses 6 Oktober 2019.
Ramadhani, Atika. 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Dari Academia, (Online), (https://www.academia.edu), diakses 14 November 2019.
Sari, Annisa. 2018. Perilaku Komunikasi Pelaku Hijrah. Dari Jurnal Unpas, (Online), (https://journal.unpas.ac.id/), diakses 6 Oktober 2019.
Tunardy, Wibowo. 2016. Pengertian Konsumen serta Hak dan Kewajiban Konsumen. Dari Jurnal Hukum, (Online), (https://www.jurnalhukum.com/), diakses 10 Oktober 2019.
Vanany, I., Soon, J., Maryani, A. and Wibawa, B. (2019), "Determinants of halal-food consumption in Indonesia", Journal of Islamic Marketing, Vol. ahead-of-print No. ahead-of-print. https://doi.org/10.1108/ JIMA-09-2018-0177
Widyaningrum, P. (2017). Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Wardah di Ponorogo). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 6(2), 83-98. doi:http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2016.6(2).%p
Refbacks
- There are currently no refbacks.