PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL ONLINE SEBAGAI DISTRIBUSI BARANG ERA DIGITAL DI PASAR KLEWER SURAKARTA

Evi Nurngaeni

Abstract

Globalization is an era where life between countries is like no limit, because all become connected to each other. Many things can be done with the globalization, one of which is the widespread trade because of the effects of the digital era that accompanies globalisai. The question is about the traditional market in the era of globalization. For the future life will continue to grow. Especially after the emergence of the digital age that makes it easy for everyone to be able to do everything through his cell phone, including the ease of buying and selling. So will the traditional market business will survive, along with the development of modern markets. The author uses the Klewer traisional market as a place of study. So this paper hope can help the traditional market participants in Surakarta, especially Klewer to follow the current digital era so as not to lag behind the flow of globalization. Data collection methods used were field observation method, interview and supported by questionnaire spreading on 40 informants consisting of traditional market participants of Surakarta City to get information about responses from solution offered in research. The author concludes that so far the traditional market players are still a few who use online for buying and selling activities. Almost some traders claim to still be comfortable selling offline in this digital era, but based on the questionnaire there are 93% of respondents realize that now has entered the digital era and based on the results of in-depth interviews, also almost most of the informants realized the importance of online business as a form of goods distribution in the digital era. It is very remarkable to see the condition where traditional market participants have realized that the goods distribution process has now shifted from conventional to modern through the use of online business, but they have not much want to change or improve their business online. Because according to the results of research conducted by researchers is the lack of information and how the use of online distribution of goods that inhibit the desire of these traditional traders. So researchers provide advice by providing education through online business school education griya for traditional market traders in Klewer, as a solution for traditional market players in this digital era.

Keywords: Distribution, Online Business, Traditional Market, Eradigital.


Abstrak

Globalisasi merupakan sebuah zaman dimana kehidupan antar negata seperti tidak ada batasnya, karena semua menjadi tergabung dengan satu sama lain. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan globalisasi, salah satunya dalah menyebarluasnya perdagangan karena efek dati zaman digital yang menyertai globalisasi. Pertanyaannya adalah mengenai pasar tradisional dalam masa globalisasi. Untuk kehidupan masa dengan agar terus berkembang. Secara khusunya setelah kemunculan zaman digital yang membuat semua menjadi mudah untuk semua orang untuj dapat melakukan apapun melalui handphone mereka, termasuk untuk kemudahan dalam membeli dan menjual. Sehingga akankah pasar tradisional dapat bertahan, seiring dengan perkembangan pasar modern?Peneliti menggunakan pasar tradisional Klewer sebagai lokasi penelitian. Sehingga dalam penelitian ini diharapkan dapat membantu peningkatan partisipasi terhadap pasar tradisional Klewer di Surakarta, secara khususnya pasar Klewer untukĀ  mengikuti jaman digital masa kini sehingga tidak terlalu tertinggal dalam arus globalisasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lapangan, wawancara dan didukung dengan penyebaran kuesioner kepada 40 informan yang terdiri dari pedagang pasar tradisional di kota Surakarta untuk mendapat informasi mengenai respon dari solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini. Penulis menyimpulkan bahwa sejauh ini untuk pemain pasar tradisional masih sedikit yang menggunakan media online untuk kegiatan membeli dan menjual. Hampir sebagian besar pedagang mengklaim masih nyaman dengan menjual barang dengan cara offlinedi jaman digital ini, namun berdasarkan kuesioner, terdapat 93% responden menyadari bahwa sekarang telah memasuki zaman digital dan berdasarkan hasil wawancara mendalam, juga hampir seluruh informan menyadari pentingnya bisnis online, sebagai bentuk distribusi barang dalam jaman digital. Hal yang luarbiasa untuk melihat kondisi dimana pedagang pasar tradisional menyadari bahwa proses distribusi barang sekarang telah bergeser dari konvensional menjadi modern melalui penggunaan bisnis online, namun mereka tidak ingin berubah atau meningkatkan bisnis online mereka.Karena berdasarkan kepada hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdapat kurangnya informasi dan bagaimana cara penggunaan ditribusi barang melalui online, hal inilah yang menghambar keinginan dari pedagana tradisional ini. Maka, peneliti menyediakan saran dengan menyediakan pendidikan melalui pusat pembelajaran bisnis online untuk pedagang pasar tradisional di Klewer, sebagai solusi untuk pedangang tradisional di jaman digital ini.

Kata Kunci: Distribusi, Bisnis Online, Pasar Tradisional, Jaman Digital.


Full Text:

PDF

References

Agustiar. 2015. Peran Pasar Tradisional yang Mulai Ditinggalkan. Solo : Harian Informasi

Ariyani, N. I., & Nurcahyono, O. (2018). Digitalisasi Pasar Tradisional: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1).

Bagong Suyanto. 2014. Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Cahyaditakariawan. 2012. Keakhwatan 1. Solo: Era Adicitra Intermedia

Damsar dan Indrayani. 2011. Sosiologi Ekonomi Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Esther, Didik. 2003. Seputar Pasar Tradisional di Daerah Pedalaman. Sulawesi : Media Pustaka Lim,Francis. 2008. Digital Membawa Perubahan Dunia. Jakarta : Intan Perwira

http://www.tempo.co/read/kolom/2015/10/02/2310/indonesia-raksasa-teknologi- digitalasia. diakses pada Senin, 15 Agustus 2016 pukul 23.00

http://zonapencarian.blogspot.co.id/2010/05/sejarah-munculnya-kaskus.html

https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digitalasia/0/sorotan_media. diakses pada Senin, 15 Agustus 2016 pukul 23.00

Majalah Marketing Edisi 08/XIV/Agustus/2014, WSJ, Event Veritrans: Rise of E- Commerce Salim. 2012. Ekonomi Modern di Era Digital. Jakarta : Media Cendikia. Suryadarma, dkk. 2007.

Pasar Tradisional Vs Pasar Modern. Surabaya : Media Sumber Yasraf. 2010. Era ekonomi Digital di Abad Networked. Bandung : Sinar Pustaka Ilmu

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.