PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BATIK MENGGUNAKAN ANIMASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA 1 WONOSOBO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran batik menggunakan animasi multimedia interaktif pada mata pelajaran Seni Budaya di SMA 1 Wonosobo. (2) Media pembelajaran Animasi Multimedia Interaktif untuk materi batik pada mata pelajaran Seni Budaya baik untuk diterapkan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan, Model Pengembangan yang dipakai adalah model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif sebagai data pokok dan data kualitatif berupa saran dan masukan dari responden sebagai data tambahan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan sampel siswa kelas X1 SMA 1 Wonosobo. Untuk kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Proses pengembangan media pembelajaran batik melalui animasi multimedia intraktif pada mata pelajaran seni budaya dapat dilakukan sesuai prosedur pengembangan mulai dari pemilihan materi, pengumpulan data, pembuatan media, sampai pengujian. Setelah dilakukan uji coba kelompok besar diperoleh data tertulis bahwa media masih harus mengalami revisi karena materi yang diberikan dianggap kurang, sehingga dilakukan revisi tahap akhir untuk mendapatkan media yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kurang lengkapnya materi dikarenakan pengumpulan data berupa gambar dan video yang digunakan dalam media sebagian besar berasal dari internet. (2) Media pembelajaran animasi multimedia intraktif yang dikembangkan layak digunakan untuk mendukung pembelajaran batik pada mata pelajaran seni budaya, karena telah diuji kelayakannya oleh ahli media dan ahli materi pembelajaran dengan hasil layak, dan telah dilakukan uji kelompok pada siswa, dengan hasil prosentase pencapaian 80% pada uji kelompok kecil dan pada uji kelompok besar sebanyak 79,4% yang menunjukkan media tersebut layak untuk diterapkan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.