Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

Nafisa Putri Azizah, Naila Cahya Andrina, Shafira Krisma Andrea

Abstract

Pancasila adalah sebuah sistem filsafat yang menjadi landasan ideologis negara Indonesia. Konsep ini mewakili kumpulan nilai-nilai fundamental yang membimbing pembentukan dan pengembangan negara ini sejak kemerdekaannya pada tahun 1945. Pancasila bukan sekadar sebuah ideologi politik, melainkan juga sebuah kerangka pemikiran filosofis yang mengintegrasikan lima prinsip utama: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Dalam tulisan ini, kami akan menyelidiki asal-usul, perkembangan, dan relevansi Pancasila dalam konteks sosial, politik, dan budaya Indonesia. Selain itu, kami akan mengeksplorasi bagaimana Pancasila sebagai sistem filsafat telah membentuk kebijakan negara, mendefinisikan identitas nasional, dan berperan dalam mempromosikan prinsip-prinsip moral dan etika dalam kehidupan sehari- hari masyarakat.

Keywords

Filsafat; Indonesia; Pancasila; Sistem

Full Text:

PDF

References

Anugrah Dwi, 2023, Pancasila Sebagai Sistem Filsafat. Medan : Universitas Medan Sumatera Utara

Backy Krisnayuda, 2016, Pancasila & Undang-Undang (Relasi Dan Transformasi Keduanya Dalam sistem Ketatanegaraan Indonesia), Cetakan I. Jakarta: Prenada Media Group.

C.S.T. Kansil, 2000, Pancasila Dan Undang-Undang Dasar 1945 (Pendidikan Pancasila Di Perguruan Tinggi), PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

Gilang. Filsafat Adalah: Pengertian, Tokoh, Pandangan, dan Cabang Ilmunya, Gramedia. (https://www.gramedia.com/literasi/filsafat-adalah/)

Jakarta :Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Kaelan, 2014, Pendidikan Pancasila, Edisi revisi kesepuluh,Paradigma, Yogyakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta : Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kemristek Dikti. 2016. E-Book Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi.

Louis O, Kattsoff, 2004, Pengantar Filsafat, Cetakan IX, Tiara Wacana, Yogyakarta

Lubis,Maulana Arafat, 2018, Pembelanjaan PPKN di SD/MI implementasi pendidikan abad 21, Medan : AKASHA SAKTI

Muhammad Taqiyuddin Hilali, 2021, Pancasila Sebagai Sistem Filsafat. Malang: Universitas Negri Malang

Saiful Ahmad, Ahluddin, 2019, E-Learning Pancasila Sebagai Sistem Filsafat. Jakarta : Universitas Esa Unggul

Salsabila Syahira, 2023, Pengertian Pancasila Menurut Tokoh Sejarah dan Ahli, Jakarta :Jnews Premium WordPress news & magazine

Suryana,Effendy & Kaswan, pancasila & ketahanan jati diri bangsa Bandung: Pt Refika Aditama,2015

Syamsudin, dkk 2009. E-book Pendidikan Pancasila Menempathan Pancasila dalam Konteks Keislaman dan Keindonesiaan. Jakarta : Perpustakaan Nasional

Tim Dosen Pendidikan Pancasila, 2021. E-learning Pancasila Sebagai Sistem Filsafat. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.