Implementasi Makna Nilai Pancasila Sila ke 3

Adib Irfansyah Astardinata, Muhammad Al–Kautsar Ridho, Elsa Febri Saputri

Abstract

Penelitian ini mendalami implementasi Sila Ke-3 Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia, dalam konteks pembangunan karakter bangsa. Melalui pendekatan kualitatif dan studi kasus, penelitian ini menganalisis bagaimana nilai- nilai persatuan dilibatkan dalam sistem pendidikan, budaya organisasi, dan kebijakan publik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi Sila Ke-3 Pancasila berperan penting dalam membentuk kesadaran nasional, kerjasama antar etnis, dan rasa kebangsaan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat dijalankan dalam praktik sehari-hari untuk memperkuat karakter bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan global.

Keywords

Pancasila; Pembangunan; Persatuan

Full Text:

PDF

References

Pangestie. (2015). Implementasi nilai - nilai pancasila dalam kehidupan sehari - hari di masyarakat dan lingkungan kampus. Studo.Co Universitas Diponegoro.

Kaelan, Zubaidi Achmad. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

I M. Chabib Thoha. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

W.J.S. Purwadaminta. (1999). Kamus Umum bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kaelan, Zubaidi Ahmad. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Novita. (2017). Menjaga Keutuhan Bhineka Tunggal Ika. Syariah.radenintan.

Kaelan. (2016). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Thooriq. (2023). Perlindungan Hukum Dan Hak Asasi Manusia Terhadap Pekerja Kontrak Di Indonesia (Implementasi Berdasarkan Undang - Undang Ketenagakerjaan). Gema Keadilan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.