Memudarnya Nilai Nilai Gotong Royong pada Era Globalisasi

Annida Putri, Atikah Salsabila, Aulia Prabayunita

Abstract

Gotong royong adalah suatu budaya atau tradisi yang sudah ada sejak zaman leluhur kita. Gotong royong juga merupakan suatu nilai dasar yang terkandung dalam dasar hukum negara Indonesia (Pancasila)  sila ke 3, yakni persatuan Indonesia. Dimana masyarakat Indonesa selalu menerapkan budaya gotong royong untuk mempererat rasa persatuan. Gotong royong pula seperti menghipnotis manusia untuk melakukan pekerjaan yang berat menjadi ringan, dan gotong royong juga dapat menciptakan iklim sosial, yang bisa memecahkan suatu masalah secara bersama-sama. Sikap gotong royong inilah yang menjadi salah satu ciri khas bangsa Indonesia.

Namun, di era globalisasi ini, banyak sekali budaya ataupun tradisi bangsa Indonesia yang mulai memudar. Salah satunya adalah budaya gotong royong ini. Paham-paham yang muncul akibat perkembangan zaman dan modernisasi membuat masyarakat acuh untuk melestarikan budaya yang sudah di pupuk oleh para pahlawan kita. Masuknya budaya kebarat baratan adalah salah satu faktor pudarnya budaya gotong royong di Indonesia, dimana budaya bangsa Indonesia sekarang sudah mulai tergantikan dengan budaya kebarat baratan.

 

Keywords

Gotong Royong, Globalisasi

Full Text:

PDF

References

Amanina, S. A., Amelia, S. D., Putri, D. L., & ... (2022). Degradasi Kesadaran Masyarakat Terhadap Pentingnya Gotong Royong Di Desa Wanajaya Kecamatan Kasokandel Kabupaten Majalengka. Jurnal …, 6(1), 2089–2094. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2930

Anggorowati, P., & Sarmini. (2015). Pelaksanaan Gotong Royong di Era Global (Studi Kasus di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10040254052, 39–53.

Karena, M. G., Sifat, M., Masyarakat, I., Di, I., Globalisasi, E. R. A., & Dewantara, A. W. (2019). “ MEMUDARNYA GOTONG-ROYONG KARENA MUNCULNYA SIFAT INDIVIDUALISME MASYARAKAT INDONESIA DI ERA GLOBALISASI ” TUGAS AKHIR PANCASILA DR . AGUSTINUS W . DEWANTARA , S . S ., M . HUM . MANAJEMEN A FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS KOTA MADIUN Abstrak. 51418016, 1–13.

Karinawati, T. R. (2019). “Lunturnya Budaya Gotong Royong Di Era Globalisasi” Ditinjau Dari Perkembangan Gotong Royong Dari Zaman Ke Zaman”. 2.

Listiana, Y. R. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544–1550.

Nursyam, N. A., & Nurfadhilah, T. M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mewujudkan Manusia Yang Berkarakter. 2(1), 1–10. https://doi.org/10.20956/lexprudentium7i2.xxxx

Permana, D. D., Legowo, E., Suwarno, P., Widodo, P., Saragih, H. R. J., & Aris, T. (2022). Globalisasi dan Lunturnya Budaya Gotong Royong Masyarakat DKI Jakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5256–5261.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.