Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Berdasarkan Pancasila

Angger Ajeng Widya Paramesti, Damar Adhi Nugroho, Destania Icha Saputri

Abstract

Pancasila merupakan ideologi Bangsa yang seharusnya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari oleh warga negara Indonesia. Namun, masih banyak ditemukan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara berdasarkan sila-sila yang terkandung dalam Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bentuk-bentuk pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara berdasarkan Pancasila. Selain itu, dibahas pula mengenai apa saja hak dan kewajiban dari seorang warga negara menurut Pancasila. Metode yang kami gunakan untuk mengumpulkan informasi adalah dengan metode membaca literatur baik berupa jurnal, buku, dan artikel.

Keywords

Pelanggaran Hak; Pengingkaran Kewajiban; Pancasila

Full Text:

PDF

References

Farahdiba, F. Z., Sa’idah, N. N., Salsabila, D., & Nur’aini, S. (2021). Tinjauan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Berdasarkan UUD 1945. Jurnal Kewarganegaraan, 5.

Lestari, L. E., & Arifin, R. (2019). PENEGAKAN DAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA DALAM KONTEKS IMPLEMENTASI SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB. 5(2), 2356–4164.

Nugroho, F. T. (2023, August 18). Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara Menurut Para Ahli. Www.Bola.Com. https://www.bola.com/ragam/read/5373584/pengertian-hak-dan-kewajiban-warga-negara-menurut-para-ahli

Nursyam, N. A., & Nurfadhilah, T. M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mewujudkan Manusia Yang Berkarakter. Indigenous Knowledge, 77. https://doi.org/10.20956/lexprudentium7i2.xxxx

Susanto. (2016). PANCASILA SEBAGAI IDENTITAS DAN NILAI LUHUR BANGSA: ANALISIS TENTANG PERAN PANCASILA SEBAGAI MODAL. In Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan (Vol. 2, Issue 1).

Widiyani, R. (2021, August 4). 34 Hak dan Kewajiban Warga Negara Terkait Tiap Sila dalam Pancasila. Www.Detik.Com. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5668685/34-hak-dan-kewajiban-warga-negara-terkait-tiap-sila-dalam-pancasila

Zabda, S. S. (2016). Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Falsafah Negara dan Implementasinya Dalam Pembangunan Karater Bangsa. In Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (Vol. 26, Issue 2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.