Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mewujudkan Manusia Yang Berkarakter

Nisa Nursyam, Tarisya Masithoh Nurfadhilah

Abstract

Abstrak: Artikel ini disusun untuk mengkaji Pancasila sebagai dasar negara, yang juga berperan dalam pembentukan karakter bangsa. Bisa dikatakan Indonesia sedang mengalami krisis moral dan etika, karena masyarakat sering menghadapi insiden dan faktanya banyak pelaku dari insiden tersebut masih di bawah umur. Hal ini tentu bukan sesuatu yang mudah untuk diambil, karena jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan hilangnya karakter yang baik pada suatu generasi bangsa. Artikel ini membahas tiga topik, yaitu: Tentang pentingnya pendidikan pancasila, nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, dan penerapan nilai-nilai pancasila dalam pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah kajian literatur. Sumber data berasal dari beberapa artikel jurnal. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai pancasila berperan sebagai character building, karena setiap nilai petunjuk pancasila memiliki tujuan dan cita-cita bangsa indonesia. Melalui pembentukan Pancasila diharapkan generasi muda bangsa Indonesia memiliki karakter yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap ajaran Pancasila. Kajian ini memberikan landasan teori tentang peran pendidikan pan-nasional dalam penguatan pembentukan karakter kewarganegaraan.  Kata kunci: Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Masyarakat; Nilai-Nilai Pancasila; Pembentukan Karakter; Pendidikan Pancasila

Full Text:

PDF

References

Hamid, D. 2020. Konsep dasar strategi memahami ideologi karakter pancasila dan bangsa. Jakarta : An image.

Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 3(3) : 216-222.

Ishak. 2021. Pendidikan pancasila. Jakarta : Kencana.

Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 25.

Maryono. 2021. Pancasila sebagai karakter bangsa dalam pilar negara. dilihat 9 Februari 2021.https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmuguruku/2021/02/09/panca sila-sebagai-karakter-bangsa-dalam-pilar-pendidikan/ Nurgiansah, T.H.( 2021).

Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius.

Jurnal Basicedu, 6(4) : 7310-7316.

Putra, P. M. S. 2022. Nadiem Makarim: Kami Mendorong Pendidikan Pancasila yang relevan bagi anak muda, dilihat 13 Maret 2023, https://www.liputan6.com/news/read/4976063/nadiem-makarim-kami-mendorong- pendidikan-pancasila-yang-relevan-bagi-anak-muda

Silverius, Y. 2021. Insan Berkarakter Pancasila. Malang : Andi ofset.

Siti. K. 2021. Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan pembentukan generasi z di Indonesia. Yogyakarta : UAD press.

Wirawan, V. (2022). Pancasila Sebagai Sumber Tertib Hukum Tertinggi (Suatu Kajian Filsafat): Pemahaman Bagi Mahasiswa UNJAYA, UNIMUGO dan UMK. Abdi Masyarakat, 4(1).

Yunita, T. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menguatkan Integrasi Bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2) : 282-290.

Zulfikar, p. dan Farid, W. 2021. Buku ajar pendidikan pancasila panduan kuliah di perguruan tinggi. Malang : Ahli media press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.